Libur Panjang Imlek, Jasa Marga Prediksi 593.000 Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 12/02/2021, 14:50 WIB
Gebang Tol Cikampek Utama Jasa Marga Gebang Tol Cikampek Utama

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memproyeksikan, jumlah kendaraan yang keluar dari wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) selama periode libur paniang Tahun Baru Imlek, yakni tanggal 12 - 14 Februari 2021 akan meningkat, meskipun pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita memprediksi, puncak arus lalu lintas (lalin) keluar Jabotabek akan terjadi pada hari ini, Jumat, 12 Februari 2021.

“Diprediksi jumlah kendaraan yang keluar dari wilayah Jabotabek pada periode libur Tahun Baru Imlek mencapai 593.000 kendaraan, jumlah ini 5,6 persen lebih tinggi dibandingkan dengan arus lalin normal pada 2020,” katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Covid-19 Masih Merebak, Ini Jurus Pemerintah Jaga Inflasi

Lebih lanjut Ia menjabarkan, pada puncak arus lalin keluar Jabotabek, diprediksi sebanyak 167.000 kendaraan akan melintasi 4 Gerbang Tol (GT) utama, yakni GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Sedangkan, prediksi puncak arus lalin kembali menuju Jabotabek terjadi pada hari Minggu, 14 Februari 2021.

Diprediksi jumlah kendaraan kembali menuju Jabotabek setelah libur Tahun Baru Imlek mencapai 560.000 kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Angka ini lebih tinggi 4,2 persen dibandingkan dengan lalin normal 2020. Pada puncak arus lalin kembali ke Jabotabek pada hari Minggu, diprediksi sebanyak 179.000 kendaraan akan melintasi 4 GT utama,” tutur Atika.

Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi saat periode libur Tahun Baru Imlek, Jasa Marga disebut telah menyiapkan langkah antisipasi untuk layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi dan layanan tempat istirahat atau rest area.

Baca juga: Garuda Kembalikan 12 Pesawat CRJ1000, Ini Respons Perusahaan Leasing

Di antaranya yaitu antisipasi kepadatan lalu lintas di gerbang tol utama, menyiapkan mobile reader, keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap Gerbang Tol, serta penyiagaan sarana prasarana dan penempatan personel untuk rekayasa lalu lintas pada titik-titik rawan kepadatan.

Sementara itu, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berpergian jauh selama libur panjang.

“Kalaupun harus bepergian dengan menggunakan kendaraan, kami mengimbau pengguna jalan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X