Mengintip Strategi Pengusaha Kuliner Raih Cuan Selama Pandemi

Kompas.com - 13/02/2021, 07:54 WIB
Ilustrasi kuliner Korea : pangsit isi (mandu). SHUTTERSTOCK/LITTLE COMOIlustrasi kuliner Korea : pangsit isi (mandu).

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce akan sangat membantu para pengusaha makanan bisa bertahan selama pandemi.

Apalagi sejak mewabahnya pandemi, banyak konsumen yang beralih ke digital untuk berbelanja, daripada harus ke luar rumah.

Hal inilah yang dilakukan oleh pengusaha makanan yaitu Prima Hayuningputri dan Anika Miranti sebagai owner Mad Bagel, dan Muhammad Kautsar pemilik Dimsum 49.

Kepada Kompas.com, Nike dan Putri menceritakan alasan dia memulai berbisnis karena ingin terus produktif bekerja dari rumah sambil tetap mengasuh anak.

Baca juga: Bisnis Kuliner Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren pada 2021

Akhirnya, inisiatif mereka ini dieksekusi, hingga resmilah Mad Bagel didirikan pada tahun 2014.

Awalnya mereka memilih roti bagel sebagai produknya adalah karena dirinya dan rekannya merasa kesulitan untuk menemukan roti bagel yang lezat, sehingga mereka memutuskan untuk membuatnya sendiri.

"Bagel di Amerika kan umumnya chewy dan keras, itu kurang populer di Indonesia, makanya kami buat teksturnya tidak sekeras itu," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Sabtu (12/2/2021).

Hingga berjalannya waktu, mereka pun mulai mengolah roti bagel dengan berbagai varian rasa mulai dari yang manis, asin hingga gurih.

Beberapa tahun fokus dengan penjualan langsung di toko, Mad Bagel memutuskan untuk serius memasarkannya secara daring karena konsumen tidak bisa lagi leluasa menyantap bagel kesukaan mereka secara langsung.

Akhirnya mereka pun memutuskan untuk bergabung ke e-commerce agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen lagi.

Baca juga: Deretan Bisnis Gisel, dari Kuliner hingga Kosmetik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X