Karier Kamu Bakal Moncer Kalau Punya Kemampuan Ini

Kompas.com - 13/02/2021, 12:59 WIB
Ilustrasi karier SHUTTERSTOCKIlustrasi karier

KOMPAS.com - Zaman sekarang, masyarakat sudah mulai sadar pentingnya berpikir kritis. Tidak mudah menelan mentah-mentah setiap informasi.

Jika tidak, risikonya akan terseret pada informasi yang belum tentu kebenarannya. Termasuk dalam bekerja.

Apa yang kamu baca dan dengar, perlu untuk dipertanyakan, dianalisis, maupun dievaluasi. Inilah yang dinamakan berpikir kritis.

Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan. Sangat tepat digunakan sebelum mengambil keputusan.

Berpikir kritis dalam dunia kerja biasanya menjadi salah satu poin penilaian kinerja. Tentunya akan berpengaruh pada kenaikan gaji, jenjang karier, ataupun bonus dari perusahaan.

Bagaimana berpikir kritis dianggap sangat penting dalam bekerja? Berikut jawabannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Memunculkan ide baru

Orang yang berpikir kritis akan menelaah lagi segala informasi atau apapun yang mereka dengar dari atasan, rekan kerja, maupun klien. Mereka punya pandangan lain terhadap informasi tersebut.

Berkat identifikasi maupun analisis sebagai bagian dari proses berpikir kritis inilah akan lahir ide-ide baru untuk kemajuan perusahaan.

Berpikir kritis bisa dilatih kok. Caranya dengan selalu mencari alasan yang logis, selalu mendengar dan bertanya, membaca buku, dan lainnya. Jadi jangan lelah untuk terus belajar agar kemampuan berpikir kritismu terasah dengan baik.

2. Memaksimalkan hasil kerja

Berpikir kritis harus menjadi budaya dalam dunia kerja. Dari level staf sampai pimpinan. Harus memiliki, bahkan mempraktikan pola pikir seperti ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X