Terbuka soal Keuangan Pribadi dengan Pasangan Sebelum Menikah, Perlukah?

Kompas.com - 14/02/2021, 06:44 WIB
Ilustrasi pasangan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pasangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pasangan, tentu keterbukaan adalah salah satu jurus menuju keharmonisan suatu pasangan. Namun pada praktiknya, masih ada saja orang yang tidak mau terbuka bersama pasangan, apalagi menyoal keuangan pribadi.

Ada yang beralasan bahwa masih ada ketakutan kalau uang pribadinya akan disalahgunakan oleh pasangan, takut pasangan akan matre kepadanya, takut ketahuan memiliki permasalahan keuangan, dan lainnya.

Namun, jika kamu memiliki pasangan yang sudah terpikirkan untuk ke jenjang pernikahan, maka ada baiknya untuk mulai terbuka soal keuangan pribadi.

“Karena, kita harus tahu bagaimana keuangan pasangan kita, apa saja permasalahan yang akan dialami, dan apakah kamu sanggup berpasangan dengannya jika memiliki keuangan tersebut,” sebut Perencanaan Keuangan Finansialku, Widya Yuliarti, CFP®.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Remaja

Menurut dia, menikah bukan hanya sekedar cinta, melainkan perjalanan untuk seumur hidup. Dengan adanya keterbukaan soal keuangan masing-masing, membuat kita paham dengan kelebihan dan kekurangan pasangan, dan juga bisa menguatkan satu sama lain.

Berikut penjelasan lengkapnya tentang bagaimana membangun kepercayaan dan merencanakan masa depan secara bijak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Buatlah ruang secara netral

Membangun kepercayaan dengan pasangan memang susah-susah gampang, karena masih ada juga yang takut terbuka soal keuangannya.

Widya menyarankan, ketika kamu memang akan terbuka soal keuangan, maka buatlah space atau ruang yang netral. Maksudnya adalah kita tidak boleh menghakimi satu sama lain, dan biarkan pasangan bercerita secara terbuka.

“Benar-benar mencoba berdiri di kaki pasangan kalian, mencoba mengerti dengan apa yang dihadapi pasangan kalian,” jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.