Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyingkap Sosok Sukanto Tanoto, Raja Sawit RI yang Kendalikan Bisnisnya dari Singapura

Kompas.com - 14/02/2021, 12:18 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Sukanto Tanoto jadi sorotan publik sejak beberapa hari terakhir. Raja sawit yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia ini disebut-sebut baru saja membeli properti mewah bekas istana Raja Jerman.

Dalam laporan yang dirilis kolaborasi jurnalis internasional dalam proyek OpenLux, nama Sukanto Tanoto dan anaknya Andre Tanoto, memborong sejumlah properti mewah di Jerman.

Ia disebut-sebut telah membeli bekas istana Raja Jerman, Ludwig of Bavaria, di Munchen seharga sekitar Rp 6 triliun. Ia juga telah memborong beberapa gedung mewah di Düsseldorf, ibu kota negara bagian Nordrhein Westfalen (NRW) dengan taksiran harga Rp 847 miliar.

Dikutip dari Forbes, Minggu (14/2/2021), Sukanto Tanoto adalah pemilik kelompok bisnis Royal Golden Eagle Pte Ltd yang berbasis di Singapura.

Baca juga: Sukanto Tanoto Borong Properti Mewah di Jerman, Ini Penjelasan RGE

Meski banyak operasi bisnisnya berada Indonesia, Sukanto Tanoto lebih memilih mengendalikan bisnisnya dari perusahaan induk yang berada di Singapura.

Dari laman resmi perusahaan, RGE berkantor di 80 Raffles Place, 50-01 UOB Plaza 1, Singapura. Sementara di Indonesia, RGE menempati gedung di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Masih menurut laman resmi perusahaan, aset perusahaan-perusahaan di bawah RGE saat ini mencapai 20 miliar dollar AS. Jumlah karyawan mencapai 60.000 yang tersebar di Indonesia, China, Brasil, dan Kanada.

RGE adalah induk dari Asia Pacific Resources International Holding Ltd atau APRIL yang merupakan salah satu perusahaan kertas terbesar di Indonesia.

Baca juga: Daftar 7 Konglomerat Sawit Paling Tajir di Indonesia

Perusahaan lain di bawah RGE yakni Asian Agri yang dikenal sebagai raksasa perkebunan kelapa sawit Indonesia. Perusahaan besar berikutnya ada Apical, Bracel, Asia Pacific Rayon, dan Pacific Oil and Gas.

Masih menurut Forbes, Sukanto Tanoto juga jadi langganan dalam deretan 50 orang terkaya Indonesia. Tahun 2020 lalu, namanya berada di rangking ke-22 orang paling tajir di Tanah Air.

Masuk orang terkaya di Singapura

Tak hanya masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia, Sukanto Tanoto juga pernah masuk dalam daftar orang paling tajir di Singapura.

Dikutip dari Kontan, beberapa tahun lalu, sebuah perusahaan riset yang bernama Wealth-X yang membagikan daftar 10 nama miliarder yang berbasis usaha di Singapura.

Baca juga: Profil Sukanto Tanoto, Raja Sawit yang Beli Bekas Istana Raja Jerman

Salah satunya adalah Sukanto Tanoto yang menduduki posisi ke-5 dengan jumlah kekayaan mencapai Rp 27,6 triliun. Sukanto meraup kekayaan di Singapura dari berbagai bentuk bisnis yang terus berkembang.

Penjelasan RGE

RGE membenarkan kalau Sukanto Tanoto telah membeli sejumlah properti mewah di Jerman. Namun pembelian tersebut merupakan investasi pribadi Sukanto Tanoto dan anaknya, bukan melalui perusahaan di bawah RGE.

"Kami mengonfirmasi bahwa perusahaan di bawah RGE Indonesia tidak memiliki hubungan dengan transaksi tersebut," jelas Head Corporate Communications RGE Pte Ltd, John Morgan, dalam keterangan resminya.

"Ini merupakan investasi oleh Keluarga Tanoto yang dilakukan secara profesional dan memenuhi unsur kepatuhan terhadap hukum dan regulasi di negara bersangkutan, serta telah sesuai dengan praktik terbaik internasional," lanjut Morgan.

Masih dalam keterangan resminya, John Morgan menyebut grup RGE akan selalu patuh di seluruh wilayah negara operasinya yang tersebar di Indonesia, China, Brasil, dan Kanada.

"RGE berkomitmen untukt terus melakukan pembangunan berkelanjutan di semua lokasi tempat kami beroperasi. Kita mencapai semua ini berkat praktik terbaik di bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi sesuai dengan filosofi bisnis kami," kata Morgan.

Baca juga: Ini Dua Konglomerat Juragan Minyak Terkaya dari Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com