Kompas.com - 14/02/2021, 15:09 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak tantangan dalam bisnis. Meski begitu, banyak pebisnis yang masih enggan membangun efisiensi dalam sistem yang paling dasar sekalipun.

Padahal dengan membangun efisiensi, kamu dapat menghemat biaya operasional yang pada akhirnya meningkatkan laba.

Mengutip Entrepreneur, Minggu (14/2/2021) berikut ini 3 prinsip utama yang bisa kamu anut agar bisnismu segera membangun efisiensi, utamanya ketika dunia menuju pemulihan di tahun 2021.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Grosir

1. Kamu bukan manajer, kamu seorang pemimpin

Apakah manajer dan pemimpin sama? Tentu tidak. Menurut Profesor Administrasi Bisnis dan Konsultan Organisasi Warren Bennis, manajer menerima status quo, sedangkan pemimpin menantangnya.

Perubahan pola pikir yang sederhana ini akan membawamu untuk berani mengambil langkah efisiensi, sebagai tantangan untuk terus memperbaiki biaya operasional di era industri 4.0.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tinggal dari sisi mana kamu melihat. Jika kamu melihat dirimu sebagai seorang manajer, kamu hanya seorang penjaga yang notabene melestarikan apa yang kami miliki, tanpa ada niat untuk mengubahnya jadi lebih bermanfaat.

Sedangkan jika kamu melihat diri sebagai seorang pemimpin, kamu akan berperilaku sebaliknya.

Asal tahu saja, kewirausahaan bertumpu pada fondasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis, menerapkan perubahan positif, sambil membawa bawahanmu berjalan bersama.

Untuk itu, gunakan sistem rencana, lakukan, lihat, dan bertindak/aksi. Dengan kata lain, kembangkan ide efisiensi, uji coba, tinjau, lalu luncurkan rencana itu untuk efektivitas seluruh sistem dalam bisnis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.