Kembali Cetak Rekor, Harga Bitcoin Hampir Tembus Rp 700 Juta

Kompas.com - 15/02/2021, 06:35 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. PEXELS/WORLDSPECTRUMIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga aset kripto atau cryptocurrency Bitcoin terus melanjutkan tren penguatan pada sesi perdagangan Minggu (14/2/2021). Bahkan, harga aset kripto ini mampu kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Dikutip dari CNN, Senin (15/2/2021), harga Bitcoin menguat ke level 49.714 dollar AS atau setara Rp 696 juta (asumsi kurs Rp 14.000 per dollar AS) per keping. Dengan demikian, aset kripto paling populer ini telah menguat lebih dari 20.000 dollar AS sejak awal tahun 2021.

Bitcoin dinilai menjadi aset yang menarik bagi para investor, menyusul keputusan bank sentral AS, The Federal Reserve, yang telah memangkas suku bungu acuannya ke level 0 persen sejak tahun lalu. Sebab, kebijakan itu menjadi sentimen utama pelemahan kurs dollar AS dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Daftar 11 Miliarder Dunia yang Kaya Raya berkat Bitcoin

Hal tersebut pun membuat Bitcoin dilirik investor, sebagai aset yang lebih menarik. Pasalnya, dengan keterbatasan stok Bitcoin, nantinya harga aset kripto ini diprediksi akan terus menguat.

Tren penguatan yang dialami Bitcoin bukan hanya menarik perhatian para investor ritel. Perusahaan raksasa pun mulai memberikan dukungannya terhadap Bitcoin.

Pada pekan lalu, pabrikan mobil listrik raksasa, Tesla, menyatakan rencananya untuk menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran sah dalam waktu dekat. Bukan hanya itu, perusahaan mobil paling berharga di pasar saham itu juga mulai memilih menyimpan Bitcoin, ketimbang aset tradisional lain.

Selang beberapa hari, giliran MasterCard menunjukan dukungannya terhadap aset kripto yang telah dikembangkan sejak 2009 itu. MasterCard pun berencana membuka jaringan pembayaran menggunakan Bitcoin nantinya.

Dukungan-dukungan tersebut menunjukan Bitcoin sebagai aset yang semakin dipercaya dan dapat digunakan di banyak platform. Ini membuat Bitcoin diproyeksi terus menguat ke depan.

Baca juga: Beli Bitcoin Rp 21 Triliun, Tesla Terima Uang Kripto Jadi Alat Pembayaran



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X