Laporan Transaksi Reksadana Via AKSes KSEI, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 15/02/2021, 07:40 WIB
Laporan transaksi reksadana melalui AKSes KSEI Tangkap Layar Laman KSEILaporan transaksi reksadana melalui AKSes KSEI

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 18 Februari 2021  akan ada perubahan pada laporan transaksi investor.

Jika sebelumnya investor mendapat laporan melalui surat fisik ataupun e-mail, investor akan mendapatkan laporan yang dikirimkan melalui sistem AKSes Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Ketentuan baru ini diatur dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 1/SEOJK.04/2020 tanggal 17 Februari 2020 tentang Tata Cara Penyampaian Surat atau Bukti Konfirmasi dan Pelaporan Berkala Reksadana Secara Elektronik Melalui Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu.

Pemberlakuan aturan tersebut dimulai pada 12 bulan sejak diterbitkannya surat edaran atau akan berlaku pada 18 Februari 2021.

Baca juga: Saatnya untuk Diversifikasi Investasi ke Reksadana Saham?

Kebijakan baru tersebut diharapkan membuat laporan transaksi investor reksadana diatur lebih transparan guna menambah perlindungan kepada investor.

Adapun laporan transaksi reksadana yang dimaksud adalah surat konfirmasi subscription, redemption, dan switching serta laporan bulanan.

Para manajer investsai sudah mulai menyosialisasikan kebijakan ini dengan menginformasikan lewat email maupun pesan pribadi ke investor.

Manajer investasi juga mengarahkan investor untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu pada AKSes KSEI.

Bagi investor yang tidak menyetujui penyampaian konfirmasi dan laporan reksadana melalui S-INVEST bisa menghubungi agen penjual yang terkait paling lambat tanggal 16 Februari 2021.

Jika sampai tanggal tersebut investor tidak menyampaikan keberatannya, maka dianggap telah menyetujui untuk menerima konfirmasi dan laporan reksadana melalui sistem AKses.

Baca juga: Investasi Reksadana Anda Jeblok? Ini Penyebabnya

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X