Kini Pemeriksaan GeNose Tersedia di 8 Stasiun KA, Ini Daftar dan Harganya

Kompas.com - 15/02/2021, 10:37 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah 6 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 mulai hari ini, Senin (15/2/2021).

Dengan tambahan ini, total terdapat 8 stasiun kereta api yang melayani deteksi Covid-19 dengan menggunakan alat hembusan nafas itu.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan tertulis, dilansir Senin.

Adapun biaya untuk mendapatkan layanan pemeriksaan GeNose yakni Rp 20.000.

Baca juga: Biaya Tes GeNose: Bayar Rp 20 Ribu di Stasiun, Gratis di Terminal Bus

Lebih lanjut Joni menjelaskan, syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking kereta api jarak jauh yang sudah lunas.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

“Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan,” ucapnya.

Sebagai informasi, sesuai dengan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, GeNose C19 merupakan salah satu opsi tes deteksi Covid-19 yang dapat dipilih oleh penumpang kereta api jarak jauh sebagai syarat perjalanan.

Berikut daftar stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose:

1. Stasiun Pasar Senen

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.