Kabar Bakal Diakuisisi Induk Shopee, Ini Jawaban BACA

Kompas.com - 16/02/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi akuisisi SHUTTERSTOCKIlustrasi akuisisi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sea Group, induk perusahaan e-commerce Shopee dikabarkan tengah membidik untuk mengakuisisi bank lagi di Indonesia setelah menguasai mayoritas saham Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE).

PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) dan PT Bank Bank Bumi Artha Tbk (BNBA) disebut dua bank yang diminati Sea Group.

Namun, dalam jawaban atas permintaan penjelasan dari Bursa Efek Indonesia, Bank Capital menampik kabar tersebut.

Baca juga: Kabar Induk Usaha Shopee Akuisisi Bank BKE, Bakal Jadi Bank Digital?

Dalam surat yang diteken Direktur Utama Bank Capital Indonesia Wahyu Dwi Aji dan Direktur Bank Capital Gunarto Hanafi tersebut dijelaskan bahwa perseroan tidak mengetahui jika Sea Group ingin masuk jadi investor mereka.

"Perseroan tidak mengetahui adanya informasi tersebut," sebutnya dalam keterbukaan informasi di Bursa, Senin (15/2/2021).

Bank Capital juga menyampaikan bahwa saat ini tidak ada informasi atau kejadian penting lainnya yang material dan dapat memengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat memengaruhi harga saham perseroan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bank Capital merupakan kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II dengan modal inti di bawah Rp 2 triliun. Sementara aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharuskan bank umum memiliki modal inti minimum Rp 3 triliun pada akhir 2022 dimana akhir tahun ini sudah harus dipenuhi minimum Rp 2 triliun.

Per September 2020, Bank Capital Indonesia baru memiliki modal inti sebesar Rp 1,24 triliun. Bank Capital sebelumnya telah mendapatkan restu dari pemegang saham untuk melakukan rights issue dengan target menghimpun dana sebesar Rp 2 triliun pada Desember 2020 tetapi belum terlaksana. (Dina Mirayanti Hutauruk)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bank Capital (BACA) jawab kabar bakal diakuisisi oleh Sea Group



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X