Jumlah Penumpang Transportasi Umum Dibatasi, Pembebasan Pajak Mobil Jadi Solusi?

Kompas.com - 16/02/2021, 12:43 WIB
Ilustrasi angkutan umum KOMPAS/Agus SusantoIlustrasi angkutan umum

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mulai membebaskan PPnBM terhadap kendaraan bermotor segmen di bawah 1.500 cc dengan kategori sedan dan 4x2.

Meskipun insentif ini diprediksi akan mendongkrak jumlah kepemilikan kendaraan pribadi, tetapi kebijakan ini dinilai sudah selaras dengan kampanye penggunaan transportasi umum.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Harya Setyaka mengatakan, dengan masih diterapkannya aturan pembatasan jumlah penumpang di berbagai moda transportasi umum, insentif yang akan meringankan beban masyarakat untuk memiliki kendaraan pribadi itu dinilai sudah tepat pelaksanaannya.

Baca juga: Relaksasi PPnBM Bakal Berlaku Maret 2021, Bagaimana Prospek Saham Otomotif dan Sektor Pendukungnya?

“Saya termasuk yang tidak melihat kebijakan pembebasan PPnBM yang dikeluarkan pemerintah bertolak belakang di saat pandemi ini,” ujar Harya kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

“Lagipula, saat ini transportasi umum belum dapat beroperasi dengan kapasitas 100 persen karena pandemi pula,” tambah dia.

Selain itu, Harya menilai, dengan merosotnya perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19, stimulus berupa pembebasan PPnBM mobil ini memang dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau tidak diberi stimulus, maka bisa timbul efek domino ke sektor lain dan dampaknya jangka panjang,” kata dia.

Menurut Harya, potensi kemacetan yang akan terjadi, dapat diatasi dengan kebijakan pembatasan penggunaan, bukan kepemilikannya.

Baca juga: Mengenal PPnBM, Pajak yang Bikin Mobil Jadi Barang Mahal di RI

Salah satu bentuk pembatasan yang dapat diterapkan oleh pemerintah ialah pemberlakuan ganjil-genap di berbagai ruas jalan.

“Lalu diberlakukan pajak parkir yang proporsional terbalik dengan jarak gedung maupun titik parkir dengan stasiun MRT,” kata Harya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.