Mencakup 6 Sektor Krusial, Luhut Dukung Pengembangan Jalur Tengah Selatan Jabar

Kompas.com - 16/02/2021, 19:57 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengadakan rapat koordinasi secara daring membahas terkait percepatan pembangunan infrastruktur pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat, di Jakarta, Selasa (16/2/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengadakan rapat koordinasi secara daring membahas terkait percepatan pembangunan infrastruktur pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat, di Jakarta, Selasa (16/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendukung pengembangan Jalur Tengah Selatan (JTS) di Provinsi Jawa Barat.

Sebab, menurut dia, jalur tersebut merupakan jalur yang penting.

Hal ini Luhut sampaikan ketika memimpin rakor secara virtual membahas mengenai Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Luhut Tunjuk Keponakannya hingga CEO Bukalapak Jadi Pengurus PB PASI

"Jalur Tengah Selatan menjadi sangat kritis menurut saya karena bergerak di enam sektor krusial, yaitu transportasi, pengairan dan irigasi, air minum dan sanitasi, pariwisata dan ekonomi, penanganan bencana, serta kelautan dan perikanan," kata Luhut melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam rakor mengusulkan mengusulkan lima pembangunan infastruktur.

Pertama, Pengembangan Kawasan Cirebon, Patimban, dan Kertajati. Wilayah ini nantinya akan menjadi Kawasan Metropolitan REBANA seluas 43.913 hektare.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini merupakan upaya pencegahan terjadinya penyebaran industri yang tidak terkendali, seperti yang terjadi di Bogor-Depok-Bekasi-Karawang-Purwarkarta (Bodebek-Karpur). REBANA akan menjadi pusat kegiatan karena memiliki investasi yang besar.

Di titik ini juga akan dilakukan perbaikan ekosistem pesisir dan ketahanan pantai melalui penanaman mangrove.

Baca juga: Luhut Ingin Program Padat Karya Bisa Terealisasi Sebelum Ramadhan

Selain itu, perlu dilakukan pembangunan prasarana di sentra-sentra pergaraman rakyat di Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon.

Usulan kedua yang jadi fokus Luhut adalah pengembangan Jabar Selatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.