Indonesia Teken Kerja Sama Ekspor Limbah Sawit ke Malaysia

Kompas.com - 17/02/2021, 11:27 WIB
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi perkebunan kelapa sawit

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan Malaysia memperkuat sinergi dalam mendorong peningkatan nilai perdagangan minyak kelapa sawit.

Hal itu dilakukan dengan meyepakati kerja sama pembelian palm sludge oil atau limbah sawit Indonesia oleh Malaysia sebanyak 2.000 ton per bulan selama dua tahun ke depan.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh perusahaan dari kedua negara, yakni antara PT Alam Duta Mandiri dan Dendro Integrasi SDN Bhd.

Baca juga: Asosiasi Sebut Pandemi Covid-19 Justru Bikin Petani Sawit Makin Sejahtera, Apa Alasannya?

Penandatanganan yang disaksikan oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar itu, dilakukan pada Selasa (16/2/2021).

Kasan mengatakan, pemerintah menyambut baik pembelian palm sludge oil Indonesia oleh perusahaan asal Malaysia tersebut. Ia pun berharap, produsen Indonesia lainnya mampu memasok permintaan palm sludge oil ke Malaysia,

"Termasuk juga untuk bisa memasok produk kelapa sawit serta turunan lainnya ke seluruh dunia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, lanjut Kasan, melalui kerja sama tersebut kedua perusahaan diharapkan dapat saling bersinergi mendorong peningkatan nilai perdagangan minyak sawit kedua negara.

"Bersama-sama kita terus melakukan diplomasi kelapa sawit, mempromosikan kelapa sawit di pasar global, serta melawan isu miring seputar minyak kelapa sawit,” ujar dia.

Ia menjelaskan, dalam dua dekade terakhir, kelapa sawit memang telah memainkan peranan yang sangat signifikan dalam perekonomian.

Sawit dapat diolah menjadi berbagai bahan pangan dan oleokimia. Bahkan, palm sludge oil dapat digunakan dalam industri energi, kosmetik, serta barang konsumsi (consumer good), seperti sabun dan sampo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.