Kompas.com - 17/02/2021, 16:53 WIB
Ilustrasi pergerakan saham dan pelaku pasar (Pixabay) KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIIlustrasi pergerakan saham dan pelaku pasar (Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) melemah, Rabu (17/2/2021).

Melansir RTI, IHSG ditutup turun 1,03 persen (64,6 ppoin) di level 6.227,72.

Total transaksi hingga sore ini mencapai Rp 13,1 triliun dengan volume 17,8 miliar. Asing tercatat melakukan jual berih sebesar Rp 103,1 miliar di seluruh pasar.

Baca juga: IHSG Terjun 1,09 Persen pada Sesi I, Ini Saham-saham yang Banyak Dilepas Asing

Top gainer sore ini didominasi oleh saham perbankan buku I atau jenis bank yang punya modal inti atau modal minimal yang paling kecil, atau kurang dari Rp 1 triliun.

Kenaikan saham beberapa bank buku I juga bahkan menyentuh auto reject atas (ARA).

Beberapa bank kecil yang masuk top gainer sore ini antara lain, Bank Artha Graha International (INPC) melesat 35 persen di level Rp 108 per saham, saham Bank MNC International (BABP) juga meroket 34 persen di level Rp 67 per saham dan Bank Bumi Artha juga terbang 24,6 persen di level Rp 1.165 per saham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Head of Investment dari Reswara Gian Investama Kiswoyo Adi Joe mengatakan sentimen merger bank-bank buku I menjadi penopang kenaikan saham-saham bank kecil tersebut.

“Ini sentimen jangka pendek, karena mau ada merger di antara bank-bank kecil,” kata dia kepada Kompas.com.

Baca juga: IHSG Melaju di Zona Merah Pagi Ini

Selain itu, Net Interest Margin atau NIM perbankan buku I cukup rendah dibandingkan dengan bank buku III dan bank buku IV.

Kiswoyo menjelaskan, NIM yang dimaksud merupakan selsih antara suku bunga deposito tertinggi dengan suku bunga kredit rendah, selisih tersebut merupakan keuntungan bank.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.