Sri Mulyani Beri Wejangan ke 1.521 CPNS Baru di Kemenkeu, Apa Isinya?

Kompas.com - 17/02/2021, 18:15 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020). BPMI SetpresMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan arahan kepada 1.521 CPNS yang tahun ini baru bergabung dengan jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Sri Mulyani mengatakan, ada nilai-nilai dari Kemenkeu yang harus ditanamkan oleh para pegawai baru tersebut agar bisa menjadi pegawai yang baik.

"Kalau Anda tidak tahu dan tidak menjalankan nilai-nilai tersebut, maka Anda tidak bisa menjadi hero," ujar Sri Mulyani ketika memberikan paparan kepada para CPNS tersebut, Rabu (17/2/2021).

Sri Mulyani mengatakan, para CPNS yang baru bergabung dengan jajaran Kemenkeu tersebut merupakan bagian dari bendahara negara RI.

Baca juga: Menaker Klaim Nilai Manfaat Program Kartu Prakerja Setara dengan Subsidi Gaji

Secara keseluruhan, ada lima nilai Kemenkeu yang menurut Sri Mulyani harus ditanamkan oleh para CPNS.

Yang pertama yakni integritas. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, integritas tak hanya bisa diartikan sekadar tidak melakukan korupsi.

"Integritas itu Anda punya pendirian, banteng, kepribadian, yang Anda tidak akan gadaikan. Gadaikan biasanya dibayar dengan segala macam. Digadaikan karena korupsi, karena tergoda dengan hal lain," ujar dia.

Nilai kedua yakni profesionalitas. Hal itu bisa tercipta bila seseorang memiliki kompetensi dan kemudian ditunjukkan dengan sikap profesional.

Baca juga: Dyandra Promosindo Dipercaya Kelola Kampoeng Kopi Banaran Milik PTPN IX

Dengan memiliki keahlian serta berupaya memperdalam ilmu tersebut, maka harapannya tidak akan mudah disesatkan dan terhasut oleh orang lain.

"Cari ilmu sampai diujung dunia, sehingga jajaran Kemenkeu akan berisi orang-orang yang punya pengetahuan dan punya tekat kuat," jelas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X