Kompas.com - 18/02/2021, 09:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan ada dua startup yang bakal initial public offering (IPO/ penawaran umum perdana saham) di tahun 2021 ini.

Startup yang akan IPO tersebut sebelumnya menjadi bagian dari program IDX Incubator,

Program IDX Incubator pertama kali dimulai di Jakarta pada tahun 2017, kemudian disusul di kota Surabaya dan Bandung pada tahun 2018, dengan fokus utama pada pembinaan dan pendidikan perusahaan rintisan atau start up, hingga memiliki produk atau jasa yang siap diluncurkan ke market.

Baca juga: Di Tengah Keterpurukan Bisnis Migas, Warren Buffett Justru Borong Saham Chevron

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna mengatakan, per Rabu (17/2/2021) total binaan IDX Incubator sebanyak 114 startup, dengan rincian dari Jakarta sebanyak 62 startup binaan, Bandung sebanyak 24 startup binaan, dan Surabaya sebanyak 28 startup binaan.

“Total binaan IDX Incubator yang (saat ini) sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sebanyak 3 binaan. Adapun binaan IDX Incubator yang sampai saat ini berencana untuk melantai di Bursa Efek Indonesia pada semester 1 tahun 2021 adalah sebanyak 2 binaan,” jelas Nyoman kepada Wartawan.

Pada tahun 2019, IDX Incubator melakukan penyesuaian program menjadi ‘Road to IPO’, dengan kurikulum yang dirancang lebih fokus untuk membantu perusahaan dengan skala aset kecil dan menengah  untuk melakukan IPO dan pencatatan saham di BEI.

Baca juga: Pengamat: IPO Anak Usaha Pertamina di Bidang Energi Terbarukan Prospektif

Adapun binaan yang tergabung dalam program ‘Road to IPO’, sebanyak 45 binaan dengan rincian, Jakarta sebanyak 19 binaan, Bandung sebanyak 12 binaan, dan Surabaya sebanyak 14 binaan.

“Kami bekerja sama dengan beberapa expert sebagai partner kami dalam menjalankan program IDX Incubator, yaitu konsultan hukum, Venture Capital, Kantor Akuntan Publik, dan lain-lain,” jelas Nyoman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.