Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melemah Tipis Pagi Ini

Kompas.com - 18/02/2021, 09:47 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah di pasar spot pagi ini, Kamis (18/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah pada pukul 09.12 WIB berada pada level Rp 14.022 per dollar AS atau melemah 0,02 persen (2 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.020 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun melemah tipis pagi ini, rupiah berpeluang menguat pada siang hari akibat imbal hasil obligasi pemerintah AS yang perlahan terkoreksi.

Baca juga: IHSG Berpeluang Menguat, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Rupiah berpotensi menguat hari ini terhadap dollar AS seiring dengan tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS yang mulai terkoreksi,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, sikap Bank Sentral AS yang tertulis dalam notula rapat terakhir di bulan Januari, yang dirilis dinihari tadi, menunjukan dukungan terhadap kebijakan pelonggaran moneter. Hal ini bisa mendukung pelemahan dollar AS hari ini.

“Di sisi lain, pasar masih mewaspadai pergerakan yield obligasi pemerintah AS yang masih di level tinggi. Jika, yield mengalami kenaikan, bisa mendorong penguatan dollar AS lagi dan menekan rupiah,” terang dia.

Ariston memproyeksikan hari ini rupiah berpeluang bergerak pada level Rp 13.950 per dollar AS sampai dengan Rp 14.050 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com