Waspada, Modus Penipuan Ini Marak Menimpa Mitra Gojek

Kompas.com - 18/02/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi Gojek. Dok Humas GojekIlustrasi Gojek.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan transportasi on demand Gojek mengungkapkan kerap menerima keluhan dari para mitra terkait kasus penipuan.

Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan, selama tahun 2020 modus penipuan dengan memanipulasi psikologis adalah yang paling banyak dikeluhkan oleh para mitra Gojek.

"Kami melihat kasus modus penipuan dengan manipulasi psikologis lah yang paling gencar terjadi di tahun 2020 yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab kepada mitra kami," ujarnya dalam jumpa pers virtual Gojek dan Siberkasi, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Merger Dikabarkan Masuk Finalisasi, Valuasi Gojek-Tokopedia Ditargetkan Rp 560 Triliun

Lebih lanjut Novi mengatakan, biasanya para mitra usaha Gojek dibujuk untuk mengirimkan kode OTP, nomor kartu kredit, hingga mengirimkan data-data pribadi lainnya.

Hal inipun dilakukan dengan iming-iming demi kelancaran pencairan dana ataupun kelancaran pendaftaran.

"Jadi mereka bilang ke mitra driver kami, data-data ini diperlukan untuk kelancaran pencairan dana dan pendaftaran. Kan mereka pasti tertarik, padahal sebenarnya enggak," ucapnya.

Walaupun demikian, ia mengatakan modus penipuan ini turun drastis di akhir tahun.

Novi mengatakan. hal ini sejalan dengan mulai meningkatnya literasi di tengah masyarakat.

"Terakhir kami lihat di akhir tahun 2020, modus kejahatan ini cukup menurun. Semoga saja ke depan juga begitu dan tingkat literasi masyarakat tentang kode keamanan juga bisa digenjot lagi," pungkasnya.

Baca juga: Tesla Bangun Pabrik Mobil Listrik di India, Bagaimana Negosiasi dengan RI?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.