Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Telkom Berencana Perluas Jangkuan Kompetisi IBCC ke Tingkat Nasional

Kompas.com - 18/02/2021, 18:45 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) E Kurniawan menjelaskan, Telkom akan memperluas program IndiHome Business Case Competition (IBCC) hingga tingkat nasional.

“Harapannya para generasi muda di luar Jabodetabek bisa ikut merasakan manfaat program ini,” kata Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Melalui IBCC, Kurniawan berharap, IndiHome bersama generasi muda dapat terus menjaga semangat untuk memajukan dunia pendidikan.

“Internet cepat IndiHome mengajak mahasiswa untuk mengasah kemampuan berpikir dengan cara baru untuk digitalisasi ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: Gandeng Marcus Fernaldi Gideon, IndiHome Bina Bibit-bibit Muda Bulutangkis

Perlu diketahui, IBCC merupakan kompetisi ide bisnis modern bagi mahasiswa jenjang Sarjana Strata 1 (S1). Pada penyelenggaraan pertamanya, The 1st IBCC merupakan kompetisi diselenggarakan untuk seluruh mahasiswa se-Jabodetabek.

Kompetisi tersebut telah diselenggarakan sejak Senin (5/10/2020). Program ini berhasil mengajak 467 tim yang masing-masing beranggotakan tiga orang.

Dari ratusan ide bisnis inovatif yang masuk kompetisi, juri menyeleksi 15 tim terbaik yang masuk dalam babak final.

Lima belas tim tersebut adalah Depok Consulting Group (Universitas Indonesia), WAW TEAM (Universitas Bina Nusantara), Nicoleta (Universitas Tarumanegara), Sarasvati (Universitas Bina Nusantara), Baby Dogge (Universitas Prasetiya Mulya), Kriss (Universitas Bina Nusantara), dan EasyPeacy (Universitas Indonesia).

Baca juga: Kolaborasi Dimas Djay dan IndiHome, Tularkan Semangat Bertahan di Era Pandemi

Lalu, Leviosa (Universitas Indonesia), Agile (Universitas Bina Nusantara), Hoste (Institut Pertanian Bogor), IDEAS (Universitas Bina Nusantara), Noobtastic (Universitas Indonesia), ELEAZER (Universitas Pelita Harapan), Wallstreet (Universitas Indonesia), dan Puntenization (Universitas Bina Nusantara).

Semua tim yang lolos ke babak final menjalani rangkaian penilaian yang terdiri dari sesi presentasi maksimal lima menit. Sesi presentasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama dewan juri final.

Babak final tersebut diselenggarakan pada Selasa (16/2/2021). Kategori penilaian ditinjau dari beberapa poin, yakni cara eksplorasi masalah, ketepatan penerapan metodologi, kedalaman analisis, tingkat urgensi, dan seberapa aplikatif solusi yang diberikan.

Dalam kompetisi tersebut, Direktur Consumer Service Venusiana R mengumumkan Noobtastic dari Universitas Indonesia dengan skor 86.33 keluar sebagai pemenang The 1st IBCC.

Baca juga: Lewat Channel Usee Sports, Pelanggan IndiHome TV Dapat Nikmati Program Olahraga Berkualitas

Noobtastic beranggotakan Kenny Anderson, Dharma Saputra, dan Sauqi Maikal Mahira. Ketiganya memperoleh uang tunai dari Telkom sebesar Rp 10 juta.

Mengekor Noobtastic, Baby Dogge dari Universitas Prasetiya Mulya keluar sebagai juara kedua dengan perolehan skor 81.33.

Tim beranggotakan Maria Chrisanti, Alexandra Daniella, dan Clarissa Joewono mendapatkan hadiah uang tunai Rp 7 juta.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com