Dari Rp 45.000 ke Rp 700 Juta, Ini Perjalanan Panjang Harga Bitcoin

Kompas.com - 18/02/2021, 19:58 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. PEXELS/WORLDSPECTRUMIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi di aset kripto atau cryptocurrency kini semakin diminati seiring dengan tren pergerakan harganya yang semakin naik.

Salah satunya terjadi pada Bitcoin, jenis kripto yang paling populer saat ini.

Harga Bitcoin kian naik setelah perusahaan besar seperti Tesla menyatakan rencananya menjadikan kripto buatan Satoshi Nakamoto itu, sebagai alat pembayaran yang sah dalam waktu dekat untuk kebutuhan transaksi mobil listriknya.

Baca juga: Indodax: Hampir Semua Aset Kripto Melonjak 100 Persen Sejak Awal Tahun

Pada Kamis (18/2/2021), harga Bitcoin sudah mencapai 52.493 dollar AS atau sekitar Rp 734,9 juta (kurs Rp 14.000 per dollar AS) per keping.

Padahal, berdasarkan catatan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), harga Bitcoin pada 2012 lalu hanya berkisar 5-7 dollar AS.

Jika dikalikan rata-rata kurs saat itu yang sebesar Rp 9.000 per dollar AS, maka harga Bitcoin berkisar Rp 45.000-63.000 per keping.

"Dalam nilai rupiah, bayangkan saat ini harganya sudah hampir sama dengan satu unit rumah, hati-hati ini makannya," ujar Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Sahudi dalam webinar bertajuk Mengenal Perdagangan Fisik Aset Kripto, Kamis (18/2/2021).

Pergerakan nilai Bitcoin memang sangat fluktuatif, selama sembilan tahun terakhir tidak selalu naik bahkan pernah anjlok sangat dalam.

Baca juga: Ini 13 Pedagang Aset Kripto yang Terdaftar di Bappebti


Kripto memang tak hanya berpotensi memberikan keuntungan yang besar, tetapi juga kerugian yang besar.

Setelah pada 2012 harga Bitcoin berkisar 5-7 dollar AS per keping, nilainya naik menjadi sekitar 10-300 dollar AS di 2013.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X