SpaceX Dapat Pendanaan Rp 11,9 Triliun, Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Kompas.com - 19/02/2021, 08:24 WIB
Kekayaan Elon Musk terdongkrak sebesar lebih dari Rp 1,9 kuadriliun, hingga membuatnya tercatat sebagai orang terkaya di dunia awal tahun 2021.
AFP PHOTO/BRITTA PEDERSENKekayaan Elon Musk terdongkrak sebesar lebih dari Rp 1,9 kuadriliun, hingga membuatnya tercatat sebagai orang terkaya di dunia awal tahun 2021.

NEW YORK, KOMPAS.com - Elon Musk kembali menempati posisi teratas sebagai orang paling kaya di dunia.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (19/2/2021), kekayaan dari CEO Tesla tersebut mencapai 199,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.798,6 triliun setelah perusahaan roket yang ia dirikan menyelesaikan putaran pendanaan hari ini.

Musk pun menempati posisi teratas dalam Bloomberg Billionaire Index untuk kedua kalinya tahun ini.

Baca juga: Ambil Alih Posisi Elon Musk, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Ia kembali melampaui CEO Amazon Jeff Bezos yang baru sajam mengklaim kembali posisinya sebagai orang terkaya di dunia pekan ini akibat harga saham Tesla yang merosot.

Hal itu menyebabkan nilai kekayaan Musk sempat merosot. Sementara saat ini, kekayaan Bezo tercatat sebesar 194,2 miliar dollar AS.

SpaceX, perusahaan roket yang didirikan Musk pekan ini telah melenyesaikan pendanaan sebesar 850 juta dollar AS atau sekitar Rp 11,9 triliun dari sekelompok investor yang dipimpin Sequoia Capital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, valuasi perusahaan yang juga dipimpin oleh Musk tersebut saat ini mencapai 74 miliar dollar AS, melonjak 60 persen dari posisi di Agustus lalu.

Pendanaan tersebut menyebabkan kekayaan Musk naik sekitar 11 miliar dollar AS.

Baca juga: Ke Elon Musk, Jokowi Tawarkan Indonesia sebagai Tempat Peluncuran Roket SpaceX

Berita terkait Musk lainnya pekan ini yakni dirinya mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk berbincang melalui platform media sosial Clubhouse.

Meski demikian, juru bicara dari Rusia menyatakan Putin saat ini tidak memiliki sosial media.

Namun, ia menilai, undangan dari Musk adalah hal yang sangat menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.