Tak Semua Kendaraan Dapat DP 0 Persen, Simak Ketentuannya

Kompas.com - 19/02/2021, 13:40 WIB
Ilustrasi mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melonggarkan ketentuan uang muka kredit alias down payment (DP) menjadi paling sedikit 0 persen untuk pembelian sepeda motor dan mobil baru.

Ketentuan ini berlaku mulai bulan Maret hingga 31 Desember 2021.

Mengutip ketentuan relaksasi, Jumat (19/2/2021), DP 0 persen untuk pembelian motor maupun mobil ini berlaku untuk kendaraan berbahan bakar BBM maupun listrik.

Tipe kendaraan yang mendapat ketentuan ini adalah kendaraan roda dua, kendaraan roda tiga/lebih non produktif, dan kendaraan roda tiga/lebih produktif.

Baca juga: Dipanggil Menkop Teten soal Mr Hu, Ini Penjelasan Shopee

Namun perlu diketahui, tidak semua industri mendapat ketentuan DP 0 persen ini. Bank Indonesia mengatur, hanya industri bank/pembiayaan dengan rasio kredit macet (NPL/NPF) kurang dari 5 persen secara bruto saja yang bisa memberikan relaksasi DP 0 persen.

Rasio KKB/PKB bermasalah industri bank/pembiayaan itu pun harus kurang dari 5 persen secara neto. Artinya, DP 0 persen hanya diperbolehkan bagi industri yang sehat dari segi rasio kredit macet.

Meski demikian, ketentuan DP bagi industri bank/pembiayaan yang memiliki rasio kredit di atas 5 persen juga dilonggarkan walau tidak murni 0 persen.

Bagi kendaraan roda dua dan roda tiga/lebih non-produktif, DP dilonggarkan menjadi hanya 10 persen. Sedangkan bagi kendaraan roda tiga produktif, DP dilonggarkan menjadi hanya 5 persen.

Sebelumnya Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut, relaksasi diberikan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif, sejalan dengan upaya untuk terus mendorong pemulihan ekonomi dan menyikapi perkembangan baik global maupun domestik.

BI juga mempertimbangkan perlu adanya dorongan pemulihan khususnya di sektor otomotif, yang memiliki backward dan forward linkage yang tinggi terhadap perekonomian.

Baca juga: Simak, Ini Tipe Rumah yang Dapat DP 0 Persen Mulai Maret

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X