Menhub Targetkan 44 Kota Dilengkapi Layanan GeNose dalam Satu Bulan

Kompas.com - 19/02/2021, 14:01 WIB
Layanan GeNose di stasiun tugu yogya DOK. Laman UGMLayanan GeNose di stasiun tugu yogya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelayanan alat deteksi covid-19 karya anak bangsa GeNose di Stasiun Kereta Api (KA) Bandung pada Jumat (19/2/2021).

Penerapan GeNose di Stasiun KA Bandung sebagai salah satu syarat bepergian menggunakan kereta api jarak jauh sudah diterapkan sejak 15 Februari 2021 lalu.

"Ini adalah tahap kedua GeNose kita lakukan. Tahap pertama yaitu di Jakarta dan Yogyakarta dan sekarang ada penambahan di 5 kota lagi yaitu Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Solo,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Baca juga: Daftar Stasiun Kereta yang Layani Pemeriksaan GeNose Terbaru

Budi menambahkan, saat ini sudah ada tujuh stasiun KA yang menyediakan pelayanan penyaringan Covid-19 melalui GeNose.

Ke depannya kata dia, akan semakin bertambah lagi stasiun KA yang akan menggunakan alat GeNose ini.

“Saya harap dalam kurun waktu seminggu ini, pelayanan GeNose sudah ada di 20 kota lainnya. Dan bertambah lagi ke 44 kota lainnya dalam waktu kurang dari satu bulan,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi pun mengapresiasi PT Kereta Api Indonesia yang sudah melakukan sejumlah perbaikan pelayanan dengan menyediakan bilik penyekatan bagi para calon penumpang yang melakukan tes GeNose agar tidak berdekatan satu dengan yang lain, seperti yang disarankan oleh para ahli epidemiologi.

Dia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk menggunakan GeNose. Sejak 15 Februari 2021 sampai hari ini (hari ke-5), penumpang kereta api yang melakukan tes screening GeNose di Stasiun Bandung sudah mencapai 1.514 orang.

Baca juga: Kini Pemeriksaan GeNose Tersedia di 8 Stasiun KA, Ini Daftar dan Harganya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X