Kompas.com - 19/02/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup melemah di pasar spot pada Jumat (19/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah melemah 40 poin (0,29 persen) pada level Rp 14.065 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.024 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pergerakan rupiah hari ini terdorong oleh sentimen surplus Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) di tahun 2020.

Bank Indonesia (BI) mencatat, surplus NPI di tahun 2020 sebesar 2,6 miliar dollar AS, namun lebih kecil dari surplus NPI di 2019 yang sebesar 4,7 miliar dollar AS.

Baca juga: BI Longgarkan DP RUmah 0 Persen Mulai Maret, BCA Masih Lakukan Persiapan

“NPI tetap baik sehingga mampu menopang ketahanan eksternal, sehingga tetap terjaga di tengah tekanan pandemi Covid-19,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Sementara itu, BI juga mencatat defisit transaksi berjalan sepanjang tahun 2020 sebesar 4,7 miliar dollar AS atau 2,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Perkembangan tersebut didorong oleh penurunan defisit transaksi berjalan serta surplus transaksi modal dan finansial. Defisit transaksi berjalan pada 2020 sebesar 4,7 miliar dollar AS, jauh menurun dari defisit pada 2019 sebesar 30,3 miliar dollar AS,” jelas dia.

Posisi setara dengan pembiayaan 9,8 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional.

“Surplus transaksi berjalan pun berlanjut pada kuartal IV 2020, ditopang oleh surplus neraca barang yang meningkat,” tambah dia.

Baca juga: BI Proyeksi Pembiayaan Korporasi Meningkat dalam 3 Bulan ke Depan

Pada kuartal IV tahun 2020, transaksi berjalan kembali surplus sebesar 0,8 miliar dollar AS (0,3 persen dari PDB), melanjutkan capaian surplus pada kuartal sebelumnya sebesar 1 miliar dollar AS (0,4 persen dari PDB).

Dari eksternal, klaim pengangguran AS meningkat. Sebanyak 861.000 klaim telah diajukan selama minggu sebelumnya, dibandingkan dengan 848.000 klaim yang diajukan minggu lalu. Di sisi lain, kenaikan kasus Covid-19 masih terjadi, dan imbal hasil Treasury AS melanjutkan tren kenaikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X