Dorong Ekspor, Indonesia Bakal Bangun Gudang dan Pusat Distribusi di Hungaria

Kompas.com - 19/02/2021, 17:00 WIB
Menteri Perdagangan M Lutfi DOKUMENTASI KEMENDAGMenteri Perdagangan M Lutfi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal membangun gudang penyimpanan dan pusat distribusi (Stockpile) produk Indonesia di Hungaria untuk mendorong kinerja ekspor.

Rencana pembangunan tersebut disepakati usai Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Péter Szijjártó pada Selasa (16/2/2021) lalu di Jakarta.

Lutfi mengatakan, dalam pertemuan itu kedua negara mendiskusikan sejumlah upaya untuk mendorong peningkatan perdagangan bilateral.

Baca juga: Bank BUMN Paling Lelet Turunkan Suku Bunga Kredit?

Salah satunya melalui pembangunan Stockpile yang bertujuan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya, sehingga dapat mendorong ekspor Indonesia ke Hungaria dan wilayah Eropa Tengah dan Timur.

"Menteri Szijjártó menyambut baik rencana tersebut dan siap membantu realisasinya. Saya akan minta perwakilan Indonesia di Budapest untuk menindaklanjutinya,” ujar Lutfi dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Selain itu, dibahas pula isu perdagangan lainnya, seperti dukungan penyelesaian perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (Indonesia-EU CEPA) secepatnya dan penjajakan kerja sama imbal dagang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lutfi bilang, Hungaria pasar potensial bagi Indonesia di Eropa. Sejumlah produk unggulan seperti minyak sawit, mi instan, perhiasan, serta suku cadang otomotif akan ditingkatkan ekspornya ke wilayah tersebut.

Baca juga: Ketika Bos PLN Bicara Kekhawatiran Ditinggal Pelanggan

Adapun sepanjang 2020, nilai total perdagangan Indonesia-Hungaria mencapai 212,7 juta dollar AS dengan. Tren volume perdagangan itu naik 15,62 persen dalam lima tahun atau periode 2016-2020.

Pada tahun lalu, nilai ekspor Indonesia ke Hungaria sebesar 81,5 juta dollar AS, sedangkan impor dari negara tersebut sebesar 131,2 juta dollar AS. Sementara itu, nilai investasi Hungaria di Indonesia pada 2020 tercatat senilai 1,5 juta dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.