Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CN-235 Buatan PTDI Mau Dikirim ke Senegal, Menhub: Saya Harus Beli Satu

Kompas.com - 19/02/2021, 17:58 WIB
Muhammad Choirul Anwar,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber Antara


KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara mengenai pesawat CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang akan dikirimkan ke Senegal.

Hal ini disampaikan di sela meninjau langsung keberadaan pesawat tersebut. Dia mengapresiasi PTDI yang tetap mampu memasarkan sejumlah jenis pesawat yang telah diproduksinya.

Hal itu, kata dia, memang sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang ingin mendorong produk bangsa sendiri.

"Maka setelah tadi bicara dengan Dirjen Perhubungan Udara, saya pikir saya harus beli satu, Insyaalah tahun depan bisa," katanya, di Hangar N219 PTDI, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021) sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca juga: Menhub Targetkan 44 Kota Dilengkapi Layanan GeNose dalam Satu Bulan

Menurut Budi, produksi pesawat yang telah rampung itu membuktikan PTDI yang terus membangun meski pandemi Covid-19 melanda Tanah Air. Hal itu membuat sumber daya manusia (SDM) terampil PTDI tetap diberdayakan.

"Di PTDI ini adalah orang-orang yang punya keterampilan sehingga perlu memberikan peluang-peluang bagi mereka agar mereka selalu berkarya," kata Budi.

Dalam kesempatan itu, Budi Karya juga sempat menengok jenis pesawat lain hasil produksi PTDI, yakni model amfibi. Ia mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan pesawat amfibi untuk alat transportasi untuk bisa mencakup seluruh Nusantara.

"Sebagai negara kepulauan, kita membutuhkan pesawat amfibi. Mungkin semua tahu (Pulau) Banda Neira, itu membutuhkan amfibi," kata Budi.

Selain itu, pesawat amfibi juga diperlukan untuk mengatasi berbagai landasan udara di tanah air yang memiliki landasan yang pendek.

Apalagi, kata dia, di Indonesia timur cukup banyak maskapai penerbangan perintis yang menghubungkan sejumlah daerah. Karenanya, ia juga meminta Dirjen Perhubungan Udara untuk memperhatikan hal tersebut.

Baca juga: Ramai-ramai Menanti Layanan GeNose di Bandara

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com