3 Cara Meningkatkan Nilai Brand Bisnis Anda

Kompas.com - 19/02/2021, 18:38 WIB
Ilustrasi UMKM. SHUTTERSTOCKIlustrasi UMKM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak produk UMKM lokal yang kesulitan bersaing dengan produk impor. Padahal, kualitas produk lokal tidak kalah jauh, bahkan bisa lebih baik dari barang impor.

CEO Garis Temu Giorrando Grissandy mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM meningkatkan nilai brand atau merek sehingga menarik perhatian para konsumen.

"Pertama adalah gaungkan kebanggaan atas produk dan brand yang dimiliki. Sebagai brand lokal, tunjukkan rasa bangga sebagai pemilik produk serta kualitas produk yang Anda dimiliki," ujarnya dalam ShopeePay Talks, dikutip Jumat (17/2/2021).

Menurut dia, agar pemain lokal bisa bangga atas produknya dan lebih kenal dengan apa yang dijual, terlebih dahulu bisa melakukan riset dasar untuk mengetahui tren yang saat menjadi perbincangan publik untuk menciptakan strategi komunikasi yang relevan.

Selain itu, pelaku UMKM juga dinilai perlu konsisten menekankan keunggulan produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, serta daya saing yang tidak kalah dengan produk berskala internasional.

Baca juga: Ramai #ShopeeBunuhUMKM, Ini Tanggapan Asosiasi UMKM

Kedua, tentukan strategi komunikasi yang sesuai dengan core value dari brand. Dia bilang, untuk memperkenalkan brand dengan baik ke masyarakat luas, dibutuhkan sebuah strategi komunikasi yang matang dan tepat sasaran.

Namun, sebelum melangkah jauh, tentukan juga pesan utama yang nantinya akan disampaikan melalui keseluruhan program, konten, kampanye, hingga promo.

Kreativitas juga sangat dibutuhkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan di tengah persaingan yang cukup ketat dengan brand internasional.

"Jika dikemas dengan menarik, ciri khas dari sebuah brand dapat terus melekat di hati masyarakat," ucapnya.

Ketiga, terus berinovasi dan beradaptasi dengan minat dan kebutuhan masyarakat.

Giorrando menjelaskan, perubahan situasi dan kondisi yang terus bergerak di masyarakat mengharuskan setiap pegiat usaha untuk berinovasi dan beradaptasi.

Selain terus menciptakan produk yang sesuai dengan minat serta kebutuhan masyarakat, brand lokal juga harus terus memperluas jangkauan produknya dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

"Dengan menambah channel penjualan ke ranah online dan adopsi pembayaran digital, brand lokal dapat semakin dekat dengan masyarakat yang kini sudah semakin digital," ucap dia.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman untuk UMKM di Bank BRI



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X