Ini Alasan Pemerintah Gandeng Mister Loo Benahi Toilet di Danau Toba

Kompas.com - 19/02/2021, 19:54 WIB
Danau Toba diambil dari The Kaldera – Toba Nomadic Escape di Desa Sibisa Pardamaian, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020) KOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTIDanau Toba diambil dari The Kaldera – Toba Nomadic Escape di Desa Sibisa Pardamaian, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menggandeng Mister Loo, perusahaan asal Swiss untuk membenahi toilet-toilet umum yang ada di Danau Toba.

"Terkait dengan Mister Loo, istilah yang tepat mungkin bukan ditunjuk tetapi diajak untuk berinvestasi di Danau Toba," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo Manuhutu dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/2/2021).

Odo mengatakan Mister Loo memiliki standar terbaik di bidang sanitasi toilet umum berkelas premium. Hal itu nantinya diharapkan bisa membuat wisatawan domestik atau internasional bisa nyaman saat berwisata di Danau Toba.

Baca juga: Dua Sosok di Balik Mister Loo yang Dipercaya Luhut Urus Toilet di Danau Toba

"Sama seperti jika kita melakukan kunjungan ke mal ada standar-standar tertentu yang kita peroleh," ujar Odo.

Selain itu, pembenahan kualitas toilet-toilet umum di destinasi wisata diharapkan mampu meningkatkan indeks daya saing pariwisata Indonesia atau Travel Tourism Competitiveness Index (TTCI).

Pentingnya peran toilet dalam menarik wisatawan ini juga pernah diungkapkan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun telah membentuk Satgas Toilet Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satgas ini bakal bekerja di seluruh obyek pariwisata di Indonesia. Langkah ini diambil demi menjaga kebersihan toilet dan secara tidak langsung menjaga reputasi pariwisata Indonesia.

Baca juga: Kompaknya Luhut dan Sandiaga Uno Urus Toilet untuk Turis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.