Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Pemerintah Gandeng Mister Loo Benahi Toilet di Danau Toba

Kompas.com - 19/02/2021, 19:54 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menggandeng Mister Loo, perusahaan asal Swiss untuk membenahi toilet-toilet umum yang ada di Danau Toba.

"Terkait dengan Mister Loo, istilah yang tepat mungkin bukan ditunjuk tetapi diajak untuk berinvestasi di Danau Toba," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo Manuhutu dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/2/2021).

Odo mengatakan Mister Loo memiliki standar terbaik di bidang sanitasi toilet umum berkelas premium. Hal itu nantinya diharapkan bisa membuat wisatawan domestik atau internasional bisa nyaman saat berwisata di Danau Toba.

Baca juga: Dua Sosok di Balik Mister Loo yang Dipercaya Luhut Urus Toilet di Danau Toba

"Sama seperti jika kita melakukan kunjungan ke mal ada standar-standar tertentu yang kita peroleh," ujar Odo.

Selain itu, pembenahan kualitas toilet-toilet umum di destinasi wisata diharapkan mampu meningkatkan indeks daya saing pariwisata Indonesia atau Travel Tourism Competitiveness Index (TTCI).

Pentingnya peran toilet dalam menarik wisatawan ini juga pernah diungkapkan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun telah membentuk Satgas Toilet Indonesia.

Satgas ini bakal bekerja di seluruh obyek pariwisata di Indonesia. Langkah ini diambil demi menjaga kebersihan toilet dan secara tidak langsung menjaga reputasi pariwisata Indonesia.

Baca juga: Kompaknya Luhut dan Sandiaga Uno Urus Toilet untuk Turis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com