Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luncurkan Program Beli Kreatif Danau Toba, Ini Strategi Sandiaga Uno Kembangkan Produk Lokal

Kompas.com - 20/02/2021, 17:46 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno siang ini meluncurkan program Beli Kreatif Danau Toba di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Sabtu (20/2/2021).

Dalam pidatonya, Sandiaga memastikan Kemenparekraf akan mendukung penuh pengembangan produk lokal asal Danau Toba, yang disandingkan dengan lokasi pariwisata super prioritas.

Hal ini dilakukan dengan memberikan pendampingan, dalam upaya peningkatan kualitas produk.

Baca juga: Pemerintah Kembali Perbolehkan WNA Masuk ke Indonesia, Tetapi...

“Berkaitan dengan sektor ekonomi kreaif, kami di Kemenparekraf mendukung penuh. Kami menyusun strategi utama yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi, agar sektor ekonomi kreatif pariwisata di Indonesia terus menggema dan terimplementasi,” kata Sandiaga dalam pidatonya siang ini.

Sandiaga mengatakan, dengan peluncuran program Beli Kreatif Danau Toba diharapkan mampu memulihkan sektor pariwisata dan UMKM dari pandemi Covid-19.

Apalagi sebelumnya, program serupa telah di lakukan di Jabodetabek dan dalam 6 bulan mampu meningkatkan omzet pelaku UMKM.

Sandiaga bilang, di Jabodetabek program serupa yang dilaunching di tengah PSBB tahun lalu, kdalam 6 bulan berhasil meningkatkan omzet 60 persen pelaku UMKM.

Program yang melibatkan 6.738 tenaga kerja ini bahkan on bording di 6 e-commerce dan 2 jasa transportasi online.

Baca juga: Menhub Ungkap Rencana Bangun 1.301 Pelabuhan

“Di sini (Danau Toba), hidup ekonomi kreatifnya. Walaupun ada penurunan kecil tapi mereka termotifasi untuk berkreasI. Beli kreatif lokal ini kita on boarding, saat di-launcing oleh presiden awal tahun 2020 diharapkan dalam kurun waktu 6 bulan ke depan, ekonomi kreatif Danau Toba terus berkembang,” jelas mantan wakil Gubernur DKI tersebut.

Di sisi lain, dua hal yang menjadi fokus utama dalam Program Beli Kreatif Danau Toba adalah industri fashion dan kuliner.

Apalagi Danau Toba sangat identik dengan kain ulosnya yang mendunia, serta beragam jenis kuliner yang tidak kalah nikmat.

“Kita harapkan sampai dengan Maret 2021 kita melihat peningkatan produksi ekonomi kreatif. Kita ingin produk tradisional seperti fashion dan kuliner bisa disiapkan sesuai dengan arahan presiden terkait pariwisata super prioritas. Melalui program ini kita akan lakukan pendampingan, dan akan dikampanyekan di seluruh platform kita,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com