Kompas.com - 21/02/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi tim karyawan. Shutterstock.comIlustrasi tim karyawan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mager resign kerja? Sudah enak dengan posisi dan kondisi pekerjaan yang sekarang? Itu namanya kamu terjebak di zona nyaman.

Ya, mungkin kamu saat ini sedang merasakan berada di zona nyaman, sehingga memilih untuk tetap bertahan, termasuk dalam karier.

Entah sudah nyaman dengan jabatan, atasan, rekan kerja, maupun suasana kantor meskipun karier atau gaji sudah mentok.

Rasanya tidak ingin pindah ke lain hati. Orang-orang seperti ini menganggap kalau pindah bekerja misalnya, belum tentu ada yang senyaman bekerja di kantor lama.

Alih-alih ingin sukses, berada di zona nyaman justru bisa membuatmu kehilangan banyak kesempatan baik dan berharga. Keluar dari zona nyaman mampu mengubah hidupmu menjadi lebih berkembang.

Baca juga: Mengenal Investasi Surat Berharga agar Masa Depan Berjaya

Jangan sampai kamu terkungkung dalam zona nyaman yang bikin stuck. Raih kesuksesan dengan tips dari keluar zona nyaman berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Cari tahu apa ketakutanmu

Langkah pertama adalah introspeksi diri. Cari tahu apa yang membuatmu takut melangkah, meninggalkan zona nyaman.

Apakah itu karena kamu takut menghadapi tantangan baru maupun risiko ke depan, bisa bekerja fleksibel di kantor lama, bos yang asyik, rekan kerja yang satu visi misi, atau alasan lainnya.

Alasan tersebut dapat menjadi katakutanmu. Takut kalau tidak akan menemukan kenyamanan seperti ini lagi di kantor baru. Takut dapat bos yang galak, dan rekan kerja yang julid.

  • Buat tujuan karier yang jelas

Setelah menemukan ketakutanmu, langkah selanjutnya adalah membuat tujuan karier dalam hidupmu. Kamu bekerja, goal-nya mau apa. Tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Pasti setiap orang bekerja punya rencana atau keinginan untuk maju. Apakah ingin jadi CEO atau berada di jajaran direksi atau pimpinan, mendapatkan keterampilan baru, memenangkan penghargaan, dan lainnya.

Dari rencana tersebut, kamu bisa mengetahui risikonya, sehingga ketakutan yang ada dalam dirimu pun harus disingkirkan.

Misalnya kamu ingin karier menanjak, meraih jabatan pimpinan. Berarti kamu harus punya pengalaman kerja setidaknya 5 tahun lebih, dan pastinya punya skill yang memadai sebagaimana yang harus dimiliki seorang bos.

Tentu saja untuk mencapainya kamu perlu banyak belajar hal baru. Tujuan karier tersebut tidak akan pernah terwujud bila tetap di zona nyaman.

Baca juga: Ini Rincian Biaya Pasang Listrik Baru PLN Terkini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.