KAI Batalkan Seluruh Perjalanan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Kompas.com - 21/02/2021, 13:26 WIB
Ilustrasi gerbong kereta api KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi gerbong kereta api

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh perjalanan kereta api dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Minggu (21/2/2021) dibatalkan karena imbas dari banjir.

KAI Daop 1 mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api yang mengalami kendala dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasioal KA.

"Maka seluruh perjalanan KA jarak jauh keberangkatan Gambir dan Pasar Senen sampai malam nanti dibatalkan dan biaya tiket yg sudah ditransaksikan oleh penumpang yang terdampak pembatalan akan dikembalikam 100 persen," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunis kepada Kompas.com, Minggu.

Baca juga: Imbas Banjir, Keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen Dibatalkan

Dampak cuaca ekstrim di area Daop 1 Jakarta, terdapat hambatan perjalanan KA Jarak Jauh. Hingga kini Sejumlah ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 54+500 terendam banjir dengan ketinggian s.d 150 cm diatas kop rel.

Untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui. Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai Cibeet dan Citarum.

PT KAI Daop 1 memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan. Upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA.

Saat ini tim prasarana Daop 1 Jakarta terus berupaya melakukan percepatan perbaikan dari prasarana jalur rel yang mengalami gangguan dampak banjir tersebut sambil menunggu debit air dari sungai Citarum dan Cibeet kembali normal.

Adapun kedua KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya.

Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan Bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan Perjalanan menggunakan jasa KA.

Baca juga: Jasa Marga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 19 Telah Normal

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X