Perjalanan KA Menuju Jakarta Hanya Sampai Cikampek, Penumpang Dialihkan ke Bus

Kompas.com - 21/02/2021, 15:28 WIB
Kereta api menjadi salah satu moda transportasi umum yang terdampak pandemi (Dok. Shutterstock/Ikhsan Prabowo Hadi) KOMPAS.COM/Kereta api menjadi salah satu moda transportasi umum yang terdampak pandemi (Dok. Shutterstock/Ikhsan Prabowo Hadi)

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan kereta api jarak jauh tujuan Jakarta terganggu menyusul banjir yang menggenangi rel di Kabupaten Bekasi. Akibatnya, sejumlah perjalanan kereta tersebut hanya sampai Stasiun Klari dan Stasiun Cikampek.

Meski begitu, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa memastikan, penumpang kereta tersebut tetap bisa melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan naik bus.

"Bus disediakan oleh PT KAI. Tidak ada biaya," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: KAI Batalkan Seluruh Perjalanan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Selain itu, bagi penumpang kereta api yang sudah memesan tiket namun dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun.

"Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dampak cuaca ekstrim di area Daop 1 Jakarta, mengakibatkan perjalanan kereta api jarak jauh terhambat. Hingga kini, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 hingga KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 sentimeter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air. Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air.

Baca juga: Ini Sederet Biaya Lain-lain Saat Beli Rumah

Dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi tersebut, pihak KAI Daop 1 Jakarta melakukan pembatalan perjalanan seluruh keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021.

Berikut jadwal KA yang dibatalkan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir:

Pasar Senen

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.