Bunga Kredit Lelet Turun, BI: Bikin Orang Ragu Minta Kredit ke Bank

Kompas.com - 22/02/2021, 13:26 WIB
Ilustrasi kredit. SHUTTERSTOCKIlustrasi kredit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyebut lambatnya respons perbankan dalam menurunkan suku bunga kredit justru membuat masyarakat masih ragu mengakses kredit dari perbankan.

Hal ini membuat penurunan suku bunga acuan BI-7DRRR sebesar 225 basis poin ke level 3,50 persen sejak Juni tahun 2019 menjadi kurang mempan mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Kalau suku bunga turun akan mendorong ekonomi untuk segera pulih. Tapi yang terjadi spread mengalami kenaikan sehingga ini salah satu faktor kenapa orang juga masih ragu-ragu untuk minta kredit dari bank, karena suku bunganya masih tinggi," kata Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung dalam Taklimat Media, Senin (22/2/2021).

Baca juga: BI Proyeksi Pembiayaan Korporasi Meningkat dalam 3 Bulan ke Depan

Tercatat, penurunan suku bunga kredit bank masih sangat rigid hanya 83 bps ke level 9,70 persen sepanjang tahun 2020.

Hal ini berpunggungan dengan suku bunga deposito yang cenderung responsif terhadap penurunan BI-7DRRR yang dilakukan bank sentral.

Penurunan suku bunga deposito 1 bulan misalnya, sudah menurun 181 bps ke level 4,27 persen per Desember 2020.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibatnya, spread Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) terhadap suku bunga acuan bank sentral BI-7DRRR melebar sebesar 6,36 persen pada Desember 2020 dari sebelumnya 5,27 persen pada Juni 2019.

"Artinya memang bank mencoba mendapatkan keuntungan yang lebih di saat seperti ini. Sebenarnya ini sesuatu yang tidak kondusif tentu saja bagi perekonomian," pungkas Juda. 

Baca juga: DP 0 Persen Harus Diikuti Turunnya Suku Bunga KPR

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo geregetan dan bertanya-tanya mengapa suku bunga kredit bank sulit sekali turun.

Padahal, komponen pembentuk suku bunga sudah mulai mengalami penurunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X