Tips Berbelanja Menghadapi Serbuan Promo dan Diskon

Kompas.com - 23/02/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi belanja online Dok. Shutterstock/SushimanIlustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar waktu yang dihabiskan di rumah mendorong masyarakat lebih aktif berbelanja online dan mengandalkan pembayaran digital.

Apalagi dengan diberikannya beragam promo diskon membuat masyarakat sulit menolak untuk berbelanja online. Apabila hal ini tidak bisa dikontrol, akan menyebabkan kesehatan keuangan pun bisa terganggu.

Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay Cindy Candiawan membeberkan ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin belanja di tengah banyaknya program promo.

"Pertama adalah buat pos keuangan dengan bijak. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengelola keuangan termasuk membuat alokasi pendapatannya dan pembuatan alokasi dana menjadi hal yang sangat penting untuk membuat proyeksi pengeluaran yang lebih bijak," ujarnya mengutip siaran persnya, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: PPnBM 0 Persen, Ekonom: Prioritas Belanja Masyarakat Bukan Beli Mobil Baru

Menurut dia, alokasi pendapatan dapat dibagi yaitu untuk kebutuhan pokok, melakukan investasi, dan juga belanja sesuai dengan kebutuhan.

Tips yang kedua adalah membuat daftar belanja dan update informasi promo produk terkait. Dia menjelaskan, dengan membuat daftar belanja bisa membuat seseorang menjadi tahu mana prioritas belanjanya.

Dengan begitu, masyarakat dapat menjadi lebih fokus saat mencari informasi promo guna memenuhi kebutuhan tersebut, seperti perbandingan harga, skema promo, dan kemudahan transaksi yang ditawarkan.

Tips ketiga adalah atur tanda pengingat tanggal mulai promo. Caranya dengan mencatat tanggal mulai kampanye dan promo agar tidak ketinggalan periode belanja tersebut.

Selain itu juga, atur tanda pengingat seperti yang terdapat di aplikasi Shopee yaitu ‘ingatkan saya’ pada setiap kampanye atau produk yang diinginkan.

"Jadi tiga tips sederhana ini diharapkan dapat membantu masyarakat lebih bijak dalam mengelola pengeluarannya terutama di masa sulit seperti saat ini," ungkapnya.

Baca juga: Studi: Saat Pandemi, Masyarakat Lebih Senang Belanja Produk Lokal dan Online



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X