Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN Tambah 2.301 SR Jaringan Gas di Kutai Kartanegara

Kompas.com - 23/02/2021, 13:49 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.301 Sambungan Rumah (SR) telah tersambung jaringan gas PT PGN Tbk di wilayah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Area Head PGN Jakarta Sheila Merlianty mengatakan, sebanyak 2.301 SR itu dibangun dengan dana APBN tahun anggaran 2020.

Adapun wilayah yang telah tersambung jargas, yakni Desa Semangko, Desa Sebuntal, dan Desa Bunga Putih, Kecamatan Kartanegara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sumber pasokan berasal dari Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dengan alokasi pasokan sekitar 0,1 MMSCFD.

Di wilayah Kutai Kartanegara sendiri sekitar 5.000 SR yang dibangun dengan dana APBN tahun anggaran 2019 juga telah dinikmati oleh masyarakat setempat dan saat ini dioperasikan oleh PT Pertagas Niaga. Kemudian per November 2020 lalu, Pertagas Niaga menambah jargas sebanyak 1.176 SR dengan APBN 2020.

Baca juga: Pemerintah Terus “Pepet” Tesla agar Investasi di Indonesia

“Kami berharap pembangunan jargas ke depan akan lebih massif. Das bumi merupakan energi baik yang praktis, efisien, aman, dan stabil 24 jam nonstop untuk penggunaan sehari-hari, sehingga rumah tangga mendapatkan manfaat langsung,” ujar Sheila dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/2/2021).

Sheila menambahkan, pihaknya berkomitmen membantu pemerintah dalam mempercepat program jargas sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat besar penggunaan gas bumi. Pada tahun 2021, PGN akan membangun jargas dengan dana APBN sebanyaK 120.776 SR, serta lebih dari 360.000 SR dengan skema mandiri dan kerja sama.

Jargas sendiri merupakan program yang digagas oleh Kementerian ESDM dan Ditjen Migas guna mengurangi subsidi BBM dan LPG dengan memanfaatkan gas alam domestik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara langsung.

“Sedari awal, PGN mendukung secara penuh upaya sinergi pemerintah dalam bauran energi. PGN selaku operator layanan, mempunyai komitmen tinggi untuk bersama merealisasikan visi nasional ini,” kata Sheila.

Baca juga: Inda Deryanne Hasman Kini Jadi Anggota Dewas BPJS Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com