Genjot Produksi Kelapa Sawit, Sinar Mas Agribusiness and Food Terus Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Kompas.com - 23/02/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi kelapa sawit. Berry Subhan Putra/Kompas.comIlustrasi kelapa sawit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar Mas Agribusiness and Food memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk mempercepat penggunaan teknologi dan transformasi digital guna mendongkrak kinerja operasional perusahaan.

Managing Director of Sustainability Sinar Mas Agribusiness and Food Agus Purnomo mengatakan, transformasi menuju digitalisasi merupakan suatu hal yang perlu dilakukan berbagai sektor usaha, tak terkecuali sektor pertanian.

Selain itu, menurutnya, pemanfaatan teknologi memungkinkan perusahaan bergerak menjadi lebih efektif, sekaligus menciptakan ekosistem produksi yang berekelanjutan.

Baca juga: Sepanjang 2020, Keluarga Tanoto Sumbangkan Rp 157 Miliar untuk Filantropi

"Kami sedang menjajaki dan mengadopsi berbagai teknologi yang dapat membantu meminimalkan gangguan akibat Covid-19 pada upaya keberlanjutan perusahaan,” katanya dalam diskusi virtual, Selasa (23/2/2021).

Dengan adanya pemanfaatan teknologi, Agus menyebutkan, hasil positif telah mulai terlihat, seperti hal nya peningkatan produksi kelapa sawit.

Sinar Mas Agribusiness and Food saat ini memiliki rata-rata produksi kelapa sawit sebesar 6 ton per hektar, dan disebut terus bertambah di sejumlah kebun dengan adanya pemanfaatan teknologi.

"Untuk beberapa lokasi kebun itu meningkat di atas 6 (ton), ada yang 7 (ton), bahkan ada yang 8 (ton). Secara keseluruhan penggunaan teknologi ini menjaga sertifikasi berkelanjutan kami," tuturnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, setidaknya terdapat 3 langkah yang telah dilakukan perusahaan, dengan mengadopsi kemajuan teknologi.

Pertama, penggunaan platform Zoom untuk melakukan penilaian jarak jauh dengan pemasok pihak ketiga, sehingga tidak perlu dilakukan secara langsung di lapangan.

Baca juga: Sepanjang 2020, Produksi Kelapa Sawit Capai 51,58 Juta Ton

"Ini membantu permasok mempertahankan komitmen keberlanjutan mereka di tengah pandemi saat ini," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X