Beda Cara Menggunakan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Kompas.com - 23/02/2021, 16:30 WIB
Manfaatkan layanan internet dan mobile banking di saat pandemik Covid-19 Dok. ShutterstockManfaatkan layanan internet dan mobile banking di saat pandemik Covid-19


KOMPAS.com - Perkembangan perbankan saat ini memberikan dan menawarkan kemudahan bagi nasabah melalui layanan operasional yang sangat beragam, termasuk layanan electronic banking (e-banking).

Layanan e-banking saat ini dimiliki oleh hampir semua bank umum yang ada. Layanan itu di antaranya meliputi SMS Banking, Mobile Banking hingga Internet Banking.

Hal ini sejalan dengan kecenderungan perkembangan media sosial maupun kebijakan yang ada, untuk mewujudkan atau mengarahkan transaksi pada masyarakat dilakukan tidak melulu dengan uang tunai (less cash society).

Karena itu, agar tak salah memanfaatkan sederet layanan yang disediakan perbankan, kamu perlu tahu beda cara menggunakan masing-masing layanan.

Dikutip dari buku berjudul “Bijak Ber-Electronic Banking” yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), fitur dan metode transaksi layanan Electromic Banking pun memiliki perbedaan.

Baca juga: Buat yang Masih Awam, Ini Cara Pakai Mesin ATM dan EDC

Pengertian dan fitur SMS Banking

SMS banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS alias Short Message Service.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur SMS Banking antara lain layanan informasi mulai dari saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, hingga suku bunga. Selain itu, SMS Banking juga menyediakan layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan.

Sejumlah tagihan yang bisa dibayarkan di antaranya bayar listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, dan internet, hingga pembelian seperti pulsa atau tiket, serta berbagai fitur lainnya.

Cara menggunakan SMS Banking yang baik dan benar

Untuk dapat menggunakan SMS Banking, nasabah harus mendaftarkan diri dan mendaftarkan nomor ponsel terlebih dahulu ke bank serta mendapatkan password. Kemudian, nasabah dapat bertransaksi dengan cara mengetik SMS sesuai dengan format SMS yang telah ditentukan.

Baca juga: Kartu ATM Hilang atau Pindah Tangan? Ini yang Harus Dilakukan

Format SMS berbeda-beda berdasarkan format yang telah ditentukan oleh masing-masing bank. Contohnya, untuk melakukan transfer, nasabah dapat mengetik “Transfer”.

“Pesan ini kemudian dikirim ke nomor tujuan yang telah ditentukan bank. Untuk menggunakan fasilitas ini nasabah sebaiknya mempelajari petunjuk format SMS yang tertera pada buku petunjuk SMS banking atau website bank,” bunyi penjelasan OJK dalam buku tersebut, dikutip Selasa (23/2/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X