Ini Strategi Sinar Mas Agribusiness and Food Cegah Kebakaran Hutan

Kompas.com - 23/02/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan Shutterstock.comIlustrasi kebakaran hutan dan lahan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, 99 persen kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh ulah manusia, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Managing Director of Sustainability Sinar Mas Agribusiness and Food Agus Purnomo mengaku setuju dengan pernyataan orang nomor satu di Indonesia itu. Menurutnya, mayoritas kebakaran hutan di dalam negeri, berbeda dengan yang terjadi di luar negeri yang kebanyakan diakibatkan bencana alam.

"Saya setuju dengan pendapat bapak presiden (Jokowi) bahwa penyebab (kebakaran hutan) adalah manusia," ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (23/2/2021).

Pencegahan terjadinya kebakaran hutan pun menjadi salah satu fokus yang dijalankan Sinar Mas Agribusiness and Food pada tahun ini. Pasalnya, potensi terjadinya kebakaran hutan sampai saat ini masih ada.

Baca juga: Kemenkeu: Penghematan Anggaran 2020 Digunakan untuk Vaksinasi

Agus menyebutkan, pihaknya telah mengembangkan sistem komunikasi bernama GAR Sustainability Information System (GSIS). Sistem komonukasi dapat memberikan memberi peringatan otomatis untuk fire hazard rating system (FDRS) yang mengirimkan notifikasi secara otomatis melalui e-mail setiap hari ke unit tersebut.

"Melalui sistem ini, tim operasional dapat memahami potensi kebakaran hutan dan lahan dan mengambil tindakan yang diperlukan," katanya.

Selain itu, Sinar Mas Agribusiness and Food juga gencar melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar lahan sawit yang dikelola, terkait bahaya pembakaran hutan. Langkah ini dinilai penting untuk menciptakan kesadaran di level masyarakat.

"Bagaimana kita bisa menjaga agar tidak menggunakan api dalam kegiatan persiapan lahan dan pertanian mereka," ucapnya.

Baca juga: Ini Tantangan Penyelenggaraan Vaksinasi Gotong Royong



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X