Wamendag: Perjanjian Perdagangan Beri Insentif Produk Ekspor Indonesia

Kompas.com - 24/02/2021, 12:00 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).
DOK. kemendag.go.id Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, perjanjian perdagangan bebas bermanfaat untuk mendorong diversifikasi ekspor Indonesia, baik dalam perspektif jenis produk maupun negara tujuan.

“Alasannya, perjanjian perdagangan memberikan insentif baik dari sisi tarif maupun nontarif terhadap banyak sekali produk ekspor Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/2/2021).

Ia mencontohkan, seperti perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang memberikan tarif nol persen terhadap sekitar 6.900 jenis produk Indonesia. Hal serupa juga terjadi pada perjanjian dagang lainnya.

"Jadi, ini merupakan kesempatan bagi produk-produk alternatif untuk bisa berkembang,” kata dia.

Baca juga: Tuntut Pembayaran Klaim, Nasabah Bumiputera Datangi Kantor OJK

Selain itu, perjanjian dagang turut membuka pasar-pasar baru yang berkembang dan potensial bagi Indonesia. Setidaknya, ada dua wilayah utama yang ingin dikembangkan yaitu pasar Afrika dan Amerika Selatan, di samping tetap menyasar Eropa Timur, Eropa Tenggara, Asia Selatan, dan Timur Tengah.

Jerry mengatakan, perjanjian yang baru selesai yaitu Indonesia-Mozambique Preferential Trade Agreement (PTA) diharapkan bisa menjadi pembuka jalan bagi beragam pasar baru di Afrika bagian tengah dan selatan.

Sedangkan untuk wilayah Amerika Selatan terdapat Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) yang dinilai terbukti meningkatkan utilitas pemanfaatan surat keterangan asal (SKA) secara signifikan.

"Dengan demikian, diharapkan Indonesia bisa lebih menembus pasar negara-negara sekitarnya,” imbuhnya.

Baca juga: Uang Nasabah di Tabungan Terkuras, Ini Janji BRI

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X