Pemerintah Targetkan Pembangunan Bendungan Ciawi Rampung pada Desember 2021

Kompas.com - 24/02/2021, 17:40 WIB
Pembangunan proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi Jawa Barat Kementerian PUPRPembangunan proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan Bendungan Ciawi (Cipayung) akan rampung pada Desember tahun ini. Nantinya, bendungan ini akan difungsikan sebagai pengendali banjir.

Selain bertujuan untuk mengendalikan banjir Sungai Ciliwung, bendungan ini juga menjadi lokasi konservasi sumber daya air dan pengembangan pariwisata di Jawa Barat.

"Bendungan akan difungsikan sebagai penahan air. Kami melakukan kunjungan ini untuk mengawal pembangunan dan mendiskusikan penyelesaian dari kendala yang ada," ujar Asisten Deputi (Asdep) Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rahman Hidayat melalui keterangan tertulis, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Dalam Aturan Turunan UU Cipta Kerja Urus Perizinan UMKM Hanya Perlu 2-3 Jam

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane Dony Hermawan menjelaskan, bendungan tersebut akan menampung volume air sebanyak 6,05 juta meter kubik dan luas genangan 39,40 hektare sehingga diharapkan mampu mengendalikan serta mengurangi banjir hingga 111,75 m kubik per detik.

Hingga Februari 2021, proses konstruksi Bendungan Ciawi telah mencapai angka 81,64 persen, sedangkan pembebasan lahan mencapai 94,81 persen.

Dia mengungkapkan, sejak November hingga Februari ini, karena adanya curah hujan tinggi menyebabkan pengerjaan proyek jadi terhambat. Terutama saat melakukan penimbunan.

"Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah menutup lapisan timbunan dan stockpile dengan terpal, juga trial embarkment untuk menjaga kadar air. Tetapi untuk spillway masih dapat terus dikerjakan," ujar Dony.

Baca juga: OJK ke Fintech: Jangan Sampai Ada yang Merasa Data Pribadi Diambil Ilegal

Rahman meminta agar dicarikan solusi supaya pengerjaan proyek Bendungan Ciawi jadi tidak terhenti akibat curah hujan ekstrim.

"Jangan terus mengandalkan cuaca, jangan sampai penyelesaiannya jadi terlambat selesai," pesannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X