Awas Pakai WiFi Sembarangan, Saldo Rekening Bisa Tiba-tiba Terkuras

Kompas.com - 25/02/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi


KOMPAS.com - Electronic banking menawarkan berbagai kemudahan bagi nasabah, namun di sisi lain memiliki risiko yang harus diwaspadai.

Jika tidak waspada, saldo di rekening kamu bisa tiba-tiba terkuras habis alias lenyap tanpa sisa. Penyalahgunaan elektronic banking pada industri perbankan bisa juga terjadi melalui fasilitas internet banking.

Salah satuya dengan cara yang dikenal sebagai Malware In The Browser (MIB). Karena itu, penting bagi kamu untuk memahami pengertian MIB dan bagaimana cara kerjanya hingga menyebabkan saldo rekeningmu raib.

Berikut ini rangkumannya, dikutip dari buku berjudul “Bijak Ber-Electronic Banking” yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Beda Cara Menggunakan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Definisi dan modus kuras rekening dengan MIB

MIB adalah teknik pembobolan rekening internet banking dengan memanfaatkan software jahat (malware) yang telah menginfeksi browser internet nasabah. Malware tersebut dapat melakukan beberapa hal sesuai keingingan pembuatnya.

Dengan MIB, pelaku kejahatan bisa mencuri data user ID dan password nasabah. Teknik MIB juga mampu mengganti halaman web di browser nasabah sesuai keinginan pelaku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

MIB juga lazim digunakan untuk mengambil alih koneksi nasabah ke bank lalu memasukkan transaksi pemindahbukuan/transfer dari rekening nasabah ke rekening pelaku.

Dalam melakukan MIB, pelaku menggunakan beberapa langkah, antara lain menyediakan program malware pada alamat web tertentu.

“Jika nasabah membuka web atau mengunduh sesuatu (software, gambar, video, dll) dari web tersebut, maka malware akan masuk ke komputer nasabah,” demikian bunyi peringatan OJK dalam buku tersebut, dikutip pada Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Khawatir Saldo Raib karena Card Skimming? Jangan Asal Gesek Kartu ATM!

Selanjutnya, setelah malware terinstal di komputer nasabah, malware tersebut merekam apa saja yang diketik oleh nasabah. Dengan begitu, pelaku bisa mendapatkan data user ID dan password internet banking kamu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.