Kompas.com - 25/02/2021, 18:20 WIB
ilustrasi Thinkstockilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menilai, perdagangan Indonesia mulai menunjukkan perbaikan berdasarkan kinerjanya di awal 2021.

Hal itu tercermin dari laju ekspor yang tumbuh secara tahunan (year on year/yoy).

"Melihat daripada tren perdagangan yang sudah terjadi di Januari, ada beberapa angka yang tunjukkan perbaikan," ujar Lutfi dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Cerita Mendag Lutfi Susahnya UMKM tembus Ekspor

Pada Januari 2021, neraca perdagangan tercatat surplus 1,96 miliar dollar AS, di mana nilai ekspor sebesar 15,3 miliar dollar AS dan impor sebesar 13,3 miliar dollar AS.

Lutfi menjelaskan, secara bulanan (month to month/mtm) memang kinerja perdagangan Indonesia turun baik ekspor maupun impor.

Bila dibandingkan Desember 2020, laju ekspor turun 7,48 persen dan impor turun 7,59 persen. 

Namun, menurut dia, hal ini terjadi karena memang pola musiman yang disebabkan masa liburan panjang di akhir dan awal tahun.

Sebelum masa liburan, pengisian stok sudah dilakukan oleh pelaku usaha.

Baca juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, Mendag Optimalkan Perjanjian Dagang Internasional

Hal itu membuat aktivitas perdagangan di awal tahun pun menjadi selalu lebih rendah dari bulan-bulan sebelumnya.

"Ini disebut holiday blues, karena Desember-Januari itu adalah musim liburan, biasanya 3 bulan pertama tahun berjalan itu masa yang kita anggap slow down," jelas Lutfi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X