Kompas.com - 27/02/2021, 16:16 WIB
Ilustrasi Bukalapak. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiIlustrasi Bukalapak.

JAKARTA, KOMPAS.com - President BukaFinancal & Digital Bukalapak Victor Lesmana menyebutkan, selama masa pandemi masyarakat yang mendaftar menjadi warung mitra Bukalapak mengalami peningkatan yang drastis.

"Di tahun 2020 saja kami mencatat peningkatannya ada 4 juta pelapak. Saya kira ini cukup berpengaruh karena pandemi juga," ujarnya saat diwawancarai Kompas.com, dikutip Sabtu (27/2/2021).

Melalui warung Mitra Bukalapak, masyarakat bisa menjadi penjual offline beberapa kategori produk yang ada di Bukalapak seperti pulsa, paket data, kirim uang, setor tunai, token listrik, dan banyak lainnya.

Baca juga: Jadi Super Seller di Bukalapak, Apa Keuntungannya?

Menurut dia, selain karena masyarakat membutuhkan tambahan penghasilan, yang menjadi alasan meningkatnya jumlah warung mitra Bukalapak juga didorong karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan layanan membeli pulsa, kuota hingga kirim uang secara digital.

Khususnya di kawasan daerah, transaksi membeli pulsa atau pembayaran tagihan cukup meningkat.

Menurut Victor kemudahan dalam mendaftar warung mitra Bukalapak membuat masyarakat semakin tertarik untuk bergabung.

"Contohnya saja yang awalnya dia penjual sayur, kini dia bisa buka layanan jual pulsa, jual kuota, bayar listrik dan bayar lain-lain. Jadi penghasilannya kan bertambah juga, bukan dari jual sayur saja," jelas dia.

Victor menambahkan, penggunaan dan adopsi QRIS juga ikut meningkat di warung mitra Bukalapak. Tercatat, selama 3 bulan terakhir di 2020, kenaikannya bisa sampai 2 kali lipat.

Begitupun dengan adopsi penggunaan e-money di wilayah daerah menunjukkan tren positif. Bahkan peluangnya untuk berkembang atau meningkat juga besar.

"Saya rasa ini cukup baik. Penggunaan QRIS ini kan juga membantu para mitra kami pencatatan penjualnya lebih detail, dan lebih tertata lah," ungkap dia.

Baca juga: Lewat Aplikasi Ini, Mitra Warung Pangan Bisa Pinjam Modal Usaha



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X