Kompas.com - 03/03/2021, 09:43 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hari ini menguat tipis di pasar spot, Rabu (3/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah pada pukul 09.03 WIB berada pada level Rp 14.315 per dollar AS atau menguat 0,07 persen (10 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.325 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, sentimen eksternal masih membayangi pergerakan rupiah, yakni tren kenaikan yield treasury AS.

Baca juga: Jokowi Izinkan Perusahaan Besar Masuk ke Bisnis Kerupuk dan Rempeyek

“Sentimen eksternal lebih kuat perannya, dalam minggu ini rupiah bisa ke Rp 14.500 per dollar AS,” kata Ibrahim.

Kenaikan yield berpeluang mendorong inflasi, sehingga pelaku pasar mengantisipasi kemungkinan bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan mengurangi nilai program pembelian obligasi, dan surat berharga lainnya (quantitative easing/QE) atau yang dikenal dengan istilah tapering.

Ibrahim memproyeksikan mata uang garuda di pasar spot hari ini akan cenderung bergerak fluktuatif dan cenderung melemah di level Rp 14.320 per dollar AS sampai dengan Rp 14.400 per dollar AS.

Baca juga: Harga Emas Antam Naik Rp 5.000, Ini Daftar Lengkapnya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X