Vaksinasi Drive Thru Bagi Lansia Resmi Beroperasi di JIExpo Kemayoran

Kompas.com - 03/03/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi Vaksin Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan menggandeng Halodoc dalam penyediaan layanan vaksinasi Covid-19 drive thru. Pelayanan ini mulai diselenggarakan pada hari ini, Rabu (3/3/2021) si JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dalam melakukan edukasi hingga vaksinasi Covid-19 pihaknya tidak bisa berjalan sendirian. Atas dasar itu, dia berharap dengan adanya kolaborasi ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama para lansia untuk divaksinasi.

Baca juga: Bank Victoria Siapkan Modal Inti Rp 3 Triliun di 2022 dan Bangun Bisnis Digital

“Inisiatif yang dihadirkan Halodoc dan Gojek memiliki peranan yang sangat strategis terhadap pencapaian target kami dalam menyalurkan 181 juta suntikan vaksin COVID-19 dalam setahun,” ujar Budi, Rabu.

Sementara itu, CEO & Cofounder Halodoc Jonathan Sudharta mengaku sangat bangga bisa terlibat membantu pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini.

Dia mengaku pihaknya akan terus memaksimalkan kemampuan dalam membantu percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya melalui layanan drive thru Halodoc.

Baca juga: Pemilik Kapal Perikanan Wajib Beri Jaminan Kesehatan hingga Jaminan Hari Tua untuk ABK

“Kami percaya bahwa kolaborasi lintas stakeholder ini dapat membantu pencapaian target program vaksinasi COVID-19 pemerintah di tahun ini. Ekosistem Halodoc juga akan selalu siap berkontribusi, terlebih mengingat layanan drive thru kami yang telah tersedia di 20 lokasi yang tersebar di 11 kota di Indonesia,” kata dia.

Di tempat yang sama, Co-Founder dan Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menuturkan, program vaksinasi Covid-19 ini akan membantu mitra driver termasuk mitra driver lansia di tahap awal sebagai bagian dari urat nadi logistik nasional, agar terlindungi dari paparan virus.

“Sehingga, mereka bisa terus menafkahi keluarga sekaligus memberikan layanan yang aman dan profesional kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami berharap kerja sama dengan Halodoc ini dapat membantu program vaksinasi COVID-19, dimulai dari sosialisasi dan perluasan akses, sehingga dapat menyukseskan upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus Covid-19,” ungkapnya.

Untuk layanan ini, Halodoc memfasilitasi kemudahan akses pembuatan janji secara digital, pengelolaan Pos Pelayanan Covid-19, serta penerbitan sertifikat digital vaksinasi COVID-19.

Sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI, tahap awal vaksinasi COVID-19 drive thru akan diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

Untuk mengakses layanan vaksinasi Covid-19 melalui drive thru, caranya sangat mudah. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Halodoc, memilih banner Drive Thru Vaksinasi Covid-19, kemudian memilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia, mengunggah kartu identitas, dan menunggu konfirmasi dari Halodoc.

Informasi Vaksinasi Covid-19 ini juga bisa diakses melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X