Kompas.com - 04/03/2021, 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah, Kamis (4/3/2021).

Demikian juga dengan rupiah yang masih melemah di pasar spot.

Melansir RTI, IHSG melemah 1,37 persen di level Rp 6.289,23 atau turun 87,52 poin.

Baca juga: IHSG Pagi Ini Melaju di Zona Merah, Bagaimana dengan Rupiah ?

Total transaksi siang ini sebesar Rp 8,9 triliun, dengan volume 19,06 miliar saham.

Siang ini, asing catatkan net buy sebesar Rp 141,9 miliar di seluruh pasar.

Sektor mining menyumbang pelemahan IHSG tertinggi sebesar 2,9 persen, disusul oleh sektor infrastruktur sebesar 1,9 persen, dan sektor aneka industri 1,3 persen.

Siang ini, asing catatkan net buy pada saham Bank Mandiri (BMRI) sebesar Rp 88 miliar, saham Kalbe Farma (KLBF) sebesar Rp 27 miliar, dan saham Ace Hardware (ACES) sebesar Rp 21,1 miliar.

Beberapa saham yang dilepas asing siang ini, antara lain saham Vale Indonesia (INCO) sebesar Rp 42,9 miliar, saham Bank BCA (BBCA) sebesar Rp 38,5 miliar, dan saham Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) sebesar Rp 14,6 miliar.

Baca juga: IHSG Masih Bakal Menguat, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Siang ini, saham-saham bank kecil masih menjadi primadona, di antaranya saham Bank MNC (BABP) yang meroket 23,6 persen di level Rp 115 per saham. Kemudian, saham Bank Sinarmas (BSIM) yang loncat 21,05 persen di level Rp 1.035 per saham. Selanjutnya saham Bank Amar (AMAR) yang naik 15,13 persen di level Rp 525 per saham.

Sementara itu, melansir Bloomberg, rupiah masih terkapar di level Rp 14.289 per dollar AS atau melemah 44 poin (0,31 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya, Rp 14.245 per dollar AS.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.