Kompas.com - 04/03/2021, 15:17 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan go public adalah perusahaan yang bertransformasi dari perusahaan tertutup ke perusahaan terbuka.

Setelah menjadi perusahaan terbuka, agar sahamnya bisa diperdagangkan dan mendapat benefit tambahan berupa nilai perusahaan yang terus tumbuh, maka perusahaan perlu melakukan pencatatan di bursa.

Menjadi perusahaan go public memang susah-susah gampang. Namun, ketika sudah menjadi perusahaan tertacat banyak benefit yang bisa diperoleh dari para pemegang saham dan juga pemilik perusahaan.

Baca juga: Samsung Fincancing Beri Bunga 2,35 Persen Untuk Cicilan Produk Elektronik

Kepala Divisi Layanan dan Pengembangan Perusahaan Tercatat Bursa Efek Indonesia (BEI) Saptono Aji Sunarso mengatakan, ada segudang manfaat bagi perusahaan terbuka selain akses pendanaan. Misalkan saja menjadikan perusahaan yang memiliki standar Good Corporate Governance (GCG).

“Bicara manfaat, mungkin manfaat utamanya adalah pendanaan. Tapi, pendanaan itu bukan satu-satunya manfaat di pasar modal. Sangat banyak perusahaan yang tidak bertujuan memperoleh pendanaan, namun lebih ke GCG,” jelas Saptono dalam diskusi virtual, Kamis (4/3/2021).

Saptono mengatakan, sebagai perusahaan yang masuk ke pasar modal, ada beberapa standar yang harus dimiliki perusahaan salah satunya adalah mewajibkan perusahaan memiliki GCG yang lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, perusahaan juga harus memiliki komisaris independen, komisaris perusahaan, transparansi, akuntabiliti, memiliki lembagai audit dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur DANA Goals

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.