Kompas.com - 04/03/2021, 16:09 WIB
Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini KOMPAS.com/Yudha PratomoDirektur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini mengatakan, perusahaannha membutuhkan dana hingga 92 miliar dollar Amerika Serikat atau setara Rp 1.311 triliun (kurs Rp 14.254 per dollar AS) hingga 2024 mendatang.

Dana tersebut dibutuhkan untuk 14 proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dan tiga proyek strategis perusahaan.

“Secara garis besar, kalau dilihat dari 92 miliar dollar AS capex sampai 2024 itu sektor upstraem masih tetap masih mendominasi,” ujar Emma dalam sebuah webinar, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Shell Naikan Harga BBM, Ini Rinciannya

Emma merincikan, untuk sektor upstream dibutuhkan dana hingga 64 miliar dollar AS. Sedangkan untuk sektor downstream dibutuhkan dana 20 miliar dollar AS.

Sementara itu, 8 miliar dollar AS sisanya digunakan untuk sektor gas dan power.

“Jadi kita mengharapkan dari sisi capital financing apakah itu dari financial bank apakah itu dari multilateral, kemudian dari SWF dan juga SMI dan financial source lain,” kata mantan Direktur Utama Telkomsel itu.

Emma menambahkan, pihaknya sangat terbuka jika ada investor yang ingin bekerja sama dengan Pertamina untuk mendanai proyek-proyek tersebut.

“Dalam lima tahun ke depan kami butuh kira-kira 92 miliar Dollar AS. Namun, internal funding kami hanya mampu meng-cover 38 persen. Selebihnya 62 persen kami terbuka kerja sama baik dari external funding, maupun memanfaatkan fasilitas pendanaan yang ada dari INA maupun SMI,” ungkapnya.

Baca juga: Pertamina Akan Gelontorkan Investasi Rp 142,9 Triliun, untuk Apa?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X