Influencer Arief Muhammad Beberkan Tips Bisnis untuk Wirausahawan Muda

Kompas.com - 04/03/2021, 16:39 WIB
YouTuber Arief Muhammad. Instagram/Arief MuhammadYouTuber Arief Muhammad.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu influencer sekaligus Brand Icon J&T Super Seller Arief Muhammad mengatakan, kebanyakan anak muda di Indonesia yang ingin berbisnis, sering gagal karena kebanyakan perencanaan.

Padahal, menurut dia, kunci menjalankan usaha adalah bergerak langsung dan segera mengeksekusinya.

"Memang rencana itu butuh, tapi kalau enggak langsung dieksekusi sayang. Kebanyakan anak muda kita itu gagalnya karena enggak langsung gerak, hanya rencana terus," ujar Arief dalam acara Virtual Press Conference J&T Super Seller, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Catat! Ini 4 Tips Atasi Krisis dan Kerugian di Awal Bisnis Online

Menurut dia, dalam membuka usaha, ada empat hal yang dibutuhkan, yaitu modal, investor, konseptor, dan connector.

Arief menjelaskan, apabila seorang anak muda ingin membuka usaha tapi tidak memiliki modal, yang dicari adalah investor.

Pun sebaliknya, jika ada anak muda yang memiliki modal yang cukup tapi tidak memiliki waktu yang banyak mengolah bisnis, bisa dicari eksekutor atau orang yang menjalankan bisnisnya, atau bila perlu konseptor.

Lalu, untuk menjalankan usahanya agar bisa berkembang, dibutuhkan juga connector yang bisa membantu menghubungkan dengan orang-orang yang bisa berkontribusi positif ke perkembangan usahanya.

Baca juga: Bank Victoria Siapkan Modal Inti Rp 3 Triliun di 2022 dan Bangun Bisnis Digital

Oleh sebab itu, lanjut dia, bagi wirausaha muda yang sedang duduk di bangku perkuliahan, disarankan untuk aktif berorganisasi ataupun mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) agar bisa menjalin relasi yang baik.

"Aktif di kegiatan UKM bisa membuat kita memiliki circle yang bagus, entah itu nanti bisa menghubungkan kita ke klien, atau ke orang-orang yang bisa jadi partner kita," jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X