Kompas.com - 05/03/2021, 13:04 WIB
Ilustrasi bendera China. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera China.

BEIJING, KOMPAS.com - Perdana Menteri China Li Keqiang mengumumkan pada Jumat (5/3/2021), permeirntah setempat menargetkan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 bakal melampaui 6 persen.

Dilansir dari CNBC, negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut menargetkan pengangguran kota berada di kisaran 5,5 persen tahun ini, dengan penciptaan lapangan kerja baru mencapai 11 juta. Jumlah tersebut sama seperti target yang ditetapkan pada tahun 2019 lalu, namun lebih rendah 9 juta dibanding tahun lalu.

China juga menargetkan bakal meningkatkan target inflasi menjadi di ksiaran 3 persen.

Baca juga: Standard Chartered Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,5 Persen di 2021

Untuk diketahui, tahun 2020 lalu, China mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,3 persen.

China menjadi satu-satunya negara di dunia yang mencatatkan kinerja ekonomi positif di antara negara lain yang mengalami kontraksi akibat pandemi.

Pemerintah China pun baru saja membuka pertemuan parlemen tahunan Two Sessions pekan ini. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyepakati beragam program prioritas pemerintah sepanjang tahun 2021 ini.

Pertemuan Two Sessions, yang merupakan pertemuan politis terbesar di China, telah melahirkan beragam perubahan, beberapa di antaranya yakni penghapusan masa jabatan Presiden Xi Jinping pada tahun 2018 lalu, serta pengajuan proposal undang-undang untuk hukum keamanan baru bagi Hong Kong tahun lalu.

Untuk tahun ini, ada beberapa hal penting yang bakal dibahas tahun ini, salah satunya yakni pembahasan rencana pembangunan lima tahun China, atau untuk yang ke-14 kalinya dalam sejarah China.

Selain itu, tahun ini merupakan ulang tahun ke-100 untuk Partai Komunis China.

Baca juga: Wamen BUMN Yakin Industri Baterai Kendaraan Listrik Jadi Tulang Punggung Ekonomi RI di Masa Depan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X